Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Untuk Mengembalikan Warna Kulit yang Belang?

DokterSehat.Com – Karena paparan sinar matahari saat beraktifitas di luar ruangan, kulit kita bisa menjadi lebih gelap atau belang. Biasanya, bagian tubuh yang tidak tertutupi oleh pakaian layaknya punggung tangan atau kaki-lah yang lebih mudah menjadi belang. Yang menjadi masalah adalah, kulit belang ini terlihat sangat buruk bagi penampilan kita.

dotersehat-kulit-wajah-pori-mengecil-deodoran-untuk-wajah-berminyak

Memang, untuk mengatasi masalah kulit belang ini, kita hanya tinggal menggunakan produk kecantikan tertentu yang bisa mengembalikan warna kulit kita yang aslinya lebih cerah. Hanya saja, cukup banyak orang yang menganggap waktu untuk mengembalikan warna kulit ini terlalu lama. Sebuah pertanyaan pun muncul. Sebenarnya, berapa lamakah waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikan warna kulit yang belang?

Pakar kesehatan kulit dari Rumah Sakit Surya Husada Bali bernama dr. Laksmi Duarsa, SpKK menyebutkan bahwa waktu untuk mengembalikan warna kulit ini berbeda-beda tergantung dari jenis kulit dan pigmen seseorang. Sebagai informasi, setidaknya ada 1 hingga 5 tipe kulit dan pigmen. Karena perbedaan tipe inilah ada orang yang bisa dengan cepat mengembalikan warna kulit aslinya dan ada yang membutuhkan waktu lebih lama.

Secara umum, mereka yang memiliki pigmen lebih banyak akan mudah mengalami masalah kulit gelap jika dibandingkan dengan mereka dengan pigmen yang lebih sedikit. Sebentar saja terkena sinar matahari, kulit mereka bisa menjadi lebih gelap. Sayangnya, banyaknya pigmen ini juga akan membuatnya lebih lama mengembalikan warna kulit yang belang.

Meskipun terlihat sebagai hal yang merugikan, dr. Laksmi menyebutkan bahwa memiliki kulit dengan pigmen yang lebih banyak ternyata juga memiliki keuntungan tersendiri. Pigmen yang banyak berarti sistem pertahanan pada kulitnya dari sinar matahari jauh lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki pigmen sedikit atau yang memiliki kulit berwarna lebih cerah.