Berapa Lama Waktu Ideal Berpacaran Sebelum Memutuskan Untuk Menikah?

DokterSehat.Com– Ada cukup banyak orang yang membutuhkan waktu berpacaran hingga bertahun-tahun sebelum memutuskan untuk menikah, namun, ada pula yang hanya perlu berkenalan beberapa bulan saja sebelum naik ke pelaminan. Sebenarnya, apakah ada waktu berpacaran yang ideal sebelum menikah agar bisa terus langgeng?

doktersehat-couple-pasangan-masalah-klamidia

Sebuah penelitian pun dilakukan di Emory University di Amerika Serikat untuk mendapatkan jawaban ini. Hasilnya adalah, pasangan yang berpacaran kurang dari satu tahun cenderung memiliki resiko lebih besar untuk bercerai jika dibandingkan dengan pasangan yang berpacaran lebih lama, khususnya satu hingga dua tahun lamanya. Resiko bercerai juga akan semakin menurun jika lama berpacaran sampai tiga tahun. Hal ini berarti, ada baiknya memang pasangan berpacaran beberapa tahun sebelum memutuskan untuk memasuki jenjang pernikahan.

Hanya saja, hal ini juga tidak bisa diterapkan pada semua orang. Pola pikir orang dengan usia 21 tahun sangatlah berbeda dengan yang sudah berusia 31 atau 41 tahun. Mereka yang memiliki usia lebih tua bisa saja memutuskan untuk menikah meskipun baru sebentar menjalin hubungan dengan pasangannya.

Pakar psikologi sosial bernama Theresa Di Donato yang berasal dari Loyola University Maryland, Amerika Serikat menyarankan pasangan untuk mengevaluasi hubungan diantara pasangan sebelum memasuki jenjang pernikahan dengan memperhatikan hal-hal berikut ini.

Cara pandang tentang dunia pernikahan
Dunia pernikahan tidaklah selalu berisi tentang kebahagiaan. Ada banyak masalah yang akan dihadapi ke depannya. Cobalah untuk saling terbuka satu sama lain untuk mengetahui bagaimana sudut pandang pasangan dalam masalah-masalah yang terjadi di dunia pernikahan sehingga kita bisa lebih siap menghabiskan hidup dengannya.

Apakah pasangan memiliki sisi lain?
Banyak pasangan yang mesra saat berpacaran namun kerap bertengkar saat sudah menikah karena menemukan sisi lain yang tidak mereka ketahui sebelumnya. Sebagai contoh, cara menyelesaikan masalah atau cara menghabiskan uang terkadang bisa menjadi pemicu pertengkaran ini. Cobalah untuk mempelajari sisi lain pasangan dengan lebih dalam sebelum menikah.

Baca Juga:  Cemburu Adalah Tanda Kasih Sayang? Belum Tentu

Apakah akan terus berbahagia nantinya?
Pernikahan adalah tentang menjalani hidup bersama-sama, baik itu susah maupun senang, bukan hanya tentang mendapatkan kebahagiaan pribadi. Jika yang dicari adalah kebahagiaan pribadi, bisa jadi pernikahan justru akan menjadi sumber konflik yang menyebabkan perceraian.