Berapa Lama Maksimal Kita Boleh Memakai Earphone Dalam Sehari?

DokterSehat.Com – Banyak orang yang memakai earphone dengan tujuan menikmati music yang mereka suka. Kita akan seringkali melihat orang yang memakai earphone saat mereka melakukan perjalanan di transportasi umum, saat berolahraga, bersantai, atau bahkan saat bekerja. Pakar kesehatan menyebutkan jika menggunakan earphone akan memberikan ruang bagi seseorang untuk menikmati sesuatu hal secara pribadi, membantu mereka mengatasi kebosanan saat menunggu, atau bahkan mengembalikan fokus saat melakukan tugas. Tak hanya itu, earphone juga akan sangat membantu mereka yang sibuk dalam menerima panggilan telepon. Sayangnya, penggunaan earphone ternyata memberikan dampak negative bagi kesehatan tubuh

doktersehat-gadget-handphone-chat-earphone

Tahukah anda, banyak orang yang memakai earphone dalam jangka waktu yang lama setiap harinya. Yang lebih parah adalah, mereka juga mendengarkan musik dengan volume yang sangat kencang sehingga pada akhirnya mereka sedikit demi sedikit kehilangan fungsi pendengarannya. Data yang dilansir oleh badan kesehatan dunia WHO bahkan menyebutkan jika setidaknya ada 1,1 juta orang di seluruh dunia dengan rentang usia 12 hingga 35 tahun yang memiliki resiko kehilangan fungsi pendengaran akibat terlalu sering dan terlalu lama memakai earphone. Tanpa kita sadari, terlalu lama memakai earphone akan bisa memicu kerusakan pada gendang telinga bagian dalam.

Pakar kesehatan sendiri menyarankan kita untuk lebih bijak untuk menggunakan earphone setiap hari. Maksimal kita hanya dianjurkan untuk memakainya selama 90 hingga 120 menit saja, itupun dengan syarat kita harus melepaskannya beberapa kali agar telinga kita mendapatkan waktu istirahat. Andai kita membutuhkan earphone untuk urusan pekerjaan dalam waktu yang lama, kita bisa melepaskannya setidaknya sekali dalam sepuluh menit. Tak hanya itu, gunakan volume suara yang rendah dan sedang dan ada baiknya kita memakai jenis earphone yang tidak terlalu masuk tertanam ke dalam telinga.