Berapa Lama Kita Sebaiknya Melakukan Foreplay Saat Berhubungan Intim?

DokterSehat.Com– Salah satu faktor yang menentukan kualitas berhubungan intim adalah fase foreplay di awal-awal hubungan. Meskipun memang inti dari berhubungan intim adalah melakukan penetrasi atau mendapatkan orgasme, foreplay memiliki peranan penting dalam membangkitkan gairah saat berhubungan intim. Cukup banyak orang yang merasa kurang puas saat berhubungan intim karena terlalu cepat melakukan foreplay dan terburu-buru melakukan penetrasi. Sebenarnya, apakah ada durasi waktu yang ideal untuk kita melakukan foreplay?

doktersehat-seks-pasangan

Pakra kesehatan seksualitas dan psikologi bernama Elizabeth Santosa menyebutkan bahwa setiap pasangan ternyata membutuhkan waktu yang berbeda-beda untuk melakukan foreplay. Hanya saja, mengingat foreplay sangat menentukan kenyamanan atau kenikmatan saat berhubungan intim, ada baiknya setiap pasangan melakukan komunikasi untuk memastikan seberapa lama mereka perlu melakukan foreplay atau apa saja yang bisa dilakukan saat foreplay tersebut sehingga bisa membuat hubungan intim menjadi lebih berkualitas.

Kebanyakan pasangan akan melakukan foreplay tidak sampai 15 menit setiap kali berhubungan intim. Namun, tentu ada pasangan yang akan melakukannya lebih lama dari waktu tersebut atau melakukannya jauh lebih cepat dari 15 menit. Hal ini tergantung dari selera setiap individu dan juga budaya masyarakat tertentu.

Untuk soal selera individu, ada sebagian orang yang membutuhkan waktu cukup lama agar bisa menaikkan gairahnya saat berhubungan intim, namun, ada pula yang hanya membutuhkan sedikit sentuhan saat foreplay dan Ia sudah tidak sabar untuk melakukan penetrasi. Sementara itu, ada pula budaya masyarakat tertentu yang memiliki cara-cara atau ritual khusus saat mereka melakukan foreplay yang bisa menentukan lamanya mereka melakukannya. Satu hal yang pasti, pasangan harus memahami stimulasi apa saja yang bisa dilakukan untuk membangkitkan gairah seksual sekaligus mempersiapkan tubuh untuk mendapatkan penetrasi yang bisa berujung pada kenikmatan seksual yang luar biasa.