Berapa Kalikah Kita Harus Mencoba Jika Ingin Berhenti Merokok

DokterSehat.Com – Banyak orang yang sudah terlanjur kecanduan merokok berusaha keras untuk berhenti namun pada akhirnya menyerah. Memang, pakar kesehatan mengungkapkan jika kecanduan nikotin akan sangat sulit untuk diatasi. Hanya saja, bukan berarti mereka yang ingin berhenti merokok demi kesehatan tubuh yang lebih baik harus menyerah begitu saja. Pakar kesehatan menyebutkan jika meskipun cukup berat untuk dilakukan, setidaknya dengan 30 kali percobaan seseorang biasanya akan berhasil menghentikan kebiasaan buruk ini.

doktersehat-merokok-rokok-puasa-smoking

Sebuah penelitian dilakukan dengan melibatkan 1.200 orang dewasa yang telah kecanduan merokok di Kanada. Penelitian ini sendiri dilakukan selama 3 tahun dengan mempelajari seberapa banyak para perokok ini mencoba menghentikan gaya hidup yang sangat tidak sehat ini. Salah seorang pakar kesehatan yang terlibat, dr. Michael Chaiton, yang berasal dari Toronto University, menyebutkan jika rata-rata para perokok yang ingin berhenti merokok ini harus melakukan 30 kali percobaan hingga pada akhirnya berhasil. Hal ini berarti, jika kebanyakan orang berpikir jika dalam setelah 5 atau 7 percobaan seseorang masih sulit untuk berhenti merokok, ada baiknya orang tersebut harus mencobanya lagi hingga benar-benar berhasil.

Chaiton sendiri mengungkapkan jika sebenarnya rata-rata angka percobaan ini tidak akan bisa berlaku jika diterapkan pada masing-masing individu mengingat motivasi dan usaha setiap orang berbeda-beda. Sebagai contoh, ada orang yang benar-benar berhenti merokok setelah mengetahui keluarganya jatuh sakit karena kebiasaannya, namun, ada pula yang sudah sebisa mungkin berhenti namun akan tergiur lagi dengan nikmatnya merokok begitu ada kesempatan.

Angka percobaan merokok ini sendiri menjadi sebuah tanda bagi para perokok bahwa berhenti merokok memang membutuhkan perjuangan yang lama dan sangat panjang sehingga membutuhkan motivasi yang sangat kuat agar tidak lagi melirik gaya hidup buruk yang bisa menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya ini.