Berapa Dosis Vitamin C yang Aman Untuk Ibu Hamil?

doktersehat-hamil-makan

DokterSehat.Com– Saat hamil, penting untuk mencukupi vitamin dan nutrisi ibu hamil. Janin dalam kandungan ibu membutuhkan nutrisi yang cukup untuk perkembangannya agat menjadi bayi yang sehat. Beberapa nutrisi utama yang dibutuhkan ibu hamil antara lain asam folat, vitamin D, kalsium dan zat besi. Selain itu asupan vtamin C juga pentng bagi pembentukan kolagen dalam tulang dan perbaikan jaringan, serta membantu tubuh menyerap zat besi.

Vitamin C dikenal sebagai asam askorbat yang sangat penting untuk memperbaiki jaringan, menyembuhkan luka dan perbaikan kulit. Vitamin C juga membantu tubuh melawan infeksi yang bertindak sebagai antioksidan dan melindungi sel dari kerusakan.

Ibu hamil dan menyusui disarankan untuk mencukupi kebutuhan Vitamin C sesuai anjuran yang disarankan, yaitu sebanyak 80 mg per hari untuk ibu hamil di usia 18 dan lebih muda, dan sebanyak 85 mg per hari untuk wanita hamil usia 19 tahun dan lebih tua. Sedangkan untuk ibu menyusui usia 18 dan lebih muda sebanyak 115 mg per hari, dan ibu menyusui usia 19 ke atas sekitar 120 mg per hari.

Kelebihan vitamin C bisa menyebabkan perubahan gejala umum kehamilan seperti lebih sering buang air kecil, urin berwarna keruh, kehilangan nafsu makan, lelah, bibir pecah-pecah, diare dan mual. Kelebihan vitamin C juga berisiko menyebabkan gangguan kesehatan lain seperti batu ginjal, insomnia, dan kerusakan sel darah merah.

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin C pada ibu hamil, disarankan mengonsumsi buah-buahan seperti jambu, jeruk, kiwi, brokoli, dan tomat. Jika Anda memiliki asam lambung atau maag, maka sebaiknya Anda menghindari sumber vitamin C yang memiliki rasa asam. Vitamin C dengan rasa asam dapat memperparah kondisi lambung dan mengakibatkan rasa mual.