Berapa Banyak Konsumsi Ideal Susu Per Hari Anak-Anak?

DokterSehat.Com – Kita tentu kerap mendengar sebuah pesan dari orang tua dimana anak-anak sebaiknya mengkonsumsi banyak susu setiap hari demi mendukung pertumbuhan fisiknya. Uniknya, sebagian orang justru menganggap susu bisa membuat tubuh menjadi gemuk. Hal ini tentu mengundang pertanyaan banyak pihak tentang sebaiknya berapa porsikah susu sebenarnya bisa dikonsumsi setiap harinya bagi anak?

doktersehat-anak-kecil-minum-susu-gizi-nutrisi-bayi-balita

Pakar gizi yang berasal dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia bernama Dr. dr. Saptawati Bardosono, MSc menjelaskan jika dalam realitanya, susu memang kaya akan kandungan lemak. Namun, janganlah terlalu berlebihan menanggapi kandungan lemak ini karena sebagaimana kandungan makanan lain layaknya vitamin, protein, hingga karbohidrat, lemak juga dibutuhkan oleh tubuh anak sebagai pemberi energi dan juga yang mendukung pertumbuhan badannya.

Dr. Saptawati sendiri menyarankan anak hanya mengkonsumsi susu tiga kali sehari saja. Hanya saja, harap diingat bahwa konsumsi susu sebaiknya tidak dekat-dekat dengan menjelang waktu makan besar mengingat kemampuan susu yang membuat perut kenyang justru bisa membuat anak malas mengkonsumsi makanan. Hal ini justru akan tidak baik bagi asupan nutrisi sang buah hati, bukan? Ada baiknya anak mengkonsumsi susu setelah makan saja agar Ia bisa beanr-benar mendapatkan nutrisi baik bagi susu. Susu yang bisa dikonsumsi juga sangat beragam, dari yang berupa susu yang sudah dalam kemasan siap minum, hingga susu alami yang bisa didapatkan di beberapa tempat atau peternakan yang tentu sangat sehat bagi tubuh.

Ingatlah bahwa susu adalah bahan makanan pendukung asupan nutrisi anak, dan bukan asupan utama bagi anak. Hal ini berarti, ada baiknya anak juga tetap diberi pengertian untuk makan makanan sehat setiap harinya demi pertumbuhan badan dan kesehatan tubuhnya