Berapa Banyak Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil yang Dianggap Ideal?

DokterSehat.Com – Banyak orang yang menganggap ibu hamil akan selalu identik dengan bentuk tubuh yang lebih gemuk. Dalam realitanya, ibu hamil memang bisa mengalami perubahan pada tubuhnya sehingga akan cenderung menjadi lebih gemuk dari sebelumnya. Namun, menurut pakar kesehatan, ibu hamil juga sebaiknya tidak terlalu gemuk karena jika hal ini terjadi, maka dikhawatirkan mereka bisa mengalami beberapa masalah kesehatan yang tidak diinginkan. Sebenarnya, seberapa banyak kenaikan berat badan yang dianggap aman bagi ibu hamil?

doktersehat-kehamilan-hamil

Pakar kesehatan spesialis kandungan dari RS Mitra Kelapa Gading bernama dr. Boy Abidin, SPOG berkata bahwa kenaikan berat badan yang ideal bagi ibu hamil ternyata hanya 10 hingga 15 kg. Kenaikan berat badan ini sangat normal terjadi pada ibu hamil mengingat mereka harus mengkonsumsi cukup banyak makanan bergizi demi mendukung perkembangan janin di dalam kandungan. Selain itu, di dalam tubuh ibu hamil juga mengalami peningkatan cairan dan plasenta yang tentu akan memicu kenaikan berat badan.

Jika ibu hamil tidak bisa mengendalikan kenaikan berat badannya, dikhawatirkan mereka akan kesulitan untuk menurunkan berat badan setelah proses persalinan. Selain itu, mereka juga lebih beresiko mengalami obesitas, diabetes, atau bahkan preeklamsia yang sangat berbahaya. Ibu hamil yang terlalu gemuk juga beresiko mengalami kesulitan melakukan proses persalinan normal dan bahkan bisa meningkatkan resiko diabetes bagi bayi.

Lantas, apa yang bisa dilakukan ibu hamil untuk menjaga kenaikan berat badannya tetap ideal? Dr. Boy menyarankan ibu hamil untuk menjaga pola makan yang sehat dengan kadar gizi yang seimbang dan berolahraga secara teratur. Olahraga di bawah sinar matahari pagi yang hangat selama 30 menit dan dilakukan dengan tiga kali seminggu bisa menjaga berat badan ibu hamil tetap ideal sekaligus membuat mereka lebih sehat. Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil adalah berenang, berjalan kaki, dan peregangan.