Berapa Banyak Kalori di Dalam Sepiring Nasi Goreng?

DokterSehat.Com– Nasi goreng adalah salah satu makanan yang digemari masyarakat Indonesia. Nasi goreng hangat akan sangat nikmat untuk dikonsumsi di malam yang dingin, apalagi jika kita membelinya di warung-warung pinggir jalan sembari bercengkerama dengan keluarga atau teman-teman. Namun, pernahkah kita menyadari berapa banyak sebenarnya kalori dalam sepiring nasi goreng?



Pakar kesehatan menyebutkan bahwa nasi goreng yang kita makan terdiri dari nasi putih, sayuran, daging, telur, kerupuk, dan bahan lainnya. Di dalam sepiring nasi goreng ini, kita bisa menemukan sekitar 228 hingga 400 kalori. Hal ini berarti, nasi goreng bisa dianggap sebagai makanan yang tinggi kalori.

Tak hanya tinggi akan kalori, nasi goreng juga makanan yang kaya akan lemak jenuh. Berikut adalah besaran nutrisi yang ada dalam makanan yang memiliki kelezatan yang luar biasa ini.

Lemak
Lemak dalam sepiring nasi goreng ternyata cukup tinggi, yakni sekitar 12 hingga 14 gram. Karena alasan inilah ada baiknya kita menjaga asupan nasi goreng agar tidak berlebihan sehingga kita pun tidak mengkonsumsi lemak dengan berlebihan.

Karbohidrat
Dalam sepiring nasi goreng, kita bisa menemukan sekitar 40 hingga 50 gram karbohidrat. Hal ini disebabkan oleh bahan utama dari nasi goreng yang berrupa nasi putih. Tak hanya itu, nasi goreng juga tinggi glukosa yang jika dikonsumsi dengan berlebihan tentu bisa memicu gangguan obesitas dan penyakit berbahaya lainnya.

Protein
Tanpa adanya tambahan seperti potongan daging atau telur, ada yang terasa kurang dari nasi goreng yang kita konsumsi. Padahal, tambahan potongan daging bisa menambah 12 gram protein. Sementara itu, tambahan telur bisa menambah 10 gram protein dan udang bisa menambah 11 gram protein.

Mineral
Meskipun mengandung vitamin dan mineral yang penting, nasi goreng juga kaya akan natrium akibat dari ditambahkannya bumbu seperti garam, MSG, kecap, dan saus. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan mineral layaknya kalsium, besi, fosfor, magnesium, potassium, tembaga, serta mangan.

Serat
Meskipun sedikit, kita masih bisa menemukan potongan sayuran dalam sepiring nasi goreng sehingga akan mendapatkan 1,5 gram serat. Sayangnya, banyak orang yang sama sekali tidak menambahkan potongan sayuran sehingga tidak mendapatkan asupan serat sama sekali dari makanan ini.