Beragam Manfaat Kesehatan Dari Tidur Telanjang

DokterSehat.Com– Selain menjaga pola makan yang sehat dan berolahraga secara rutin, mendapatkan tidur malam yang berkualitas juga memiliki pengaruh besar pada kondisi kesehatan kita. Jika kita mengalami kurang tidur atau tidur dengan tidak nyenyak, maka badan kita akan terasa tidak enak setelah bangun tidur. Jika kita kerap kurang tidur, berbagai penyakit berbahaya juga bisa muncul.

doktersehat-tidur-wanita-ruangan-dingin-jantung

Salah satu cara mendapatkan tidur yang berkualitas adalah dengan tidur telanjang tanpa memakai pakaian apapun. Memang, hal ini masih jarang dilakukan oleh masyarakat tanah air, namun, menurut pakar kesehatan, ada banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan jika kita melakukannya seperti sebagai berikut.

Tidur dengan lebih nyenyak
Dengan tidur tanpa memakai baju, celana, hingga pakaian dalam, kita tidak akan lagi merasakan tekanan dari pakaian-pakaian tersebut yang terkadang bisa membekas pada kulit. Kulit pun akan menjadi merasa lebih bebas dan nyaman sehingga bisa membuat tubuh bisa mendapatkan tidur dengan lebih nyenyak.

Membuat kulit bernafas dengan lebih baik
Tanpa kita sadari, hampir sepanjang waktu tubuh kita tertutupi oleh pakaian. Pada saat tidur inilah kita bisa memberikan kesempatan bagi kulit untuk bernafas dengan lebih bebas. Hal ini akan membuat kulit terjaga kesehatannya dan menurunkan resiko terkena berbagai masalah kulit.

Membuat tubuh mengendalikan kadar kortisol dengan lebih baik
Tidur dengan pakaian seringkali akan membuat kita kepanasan atau banyak berkeringat. Hal ini akan membuat tubuh memproduksi hormon kortisol dengan jumlah yang lebih banyak. Yang menjadi masalah adalah, hormon ini bisa membuat kita cemas, meningkatkan keinginan untuk makan yang tidak sehat, sekaligus membuat berat badan mudah naik. Jika kita melepas pakaian saat tidur, tubuh justru akan memproduksi hormon melatonin dengan lebih baik. Sebagai informasi, hormon ini mampu mencegah penuaan dini.

Baca Juga:  Pakaian Seperti Ini Membuat Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

Menyehatkan kesehatan organ vital
Tidur telanjang bisa membuat testis pria berada dalam suhu yang dingin sehingga menjaga kualitas sekaligus kuantitas produksi spermanya. Bagi kaum hawa, suhu yang lebih dingin karena melepas pakaian saat tidur bisa mencegah datangnya infeksi jamur pada organ vitalnya.