Beragam Manfaat Kesehatan Dari Lada Hitam

DokterSehat.Com– Apa yang akan anda pikirkan tentang lada hitam? Kebanyakan dari kita tentu akan berpikir tentang bumbu masakan yang memiliki rasa yang cenderung pedas atau hangat. Tak disangka, salah satu bumbu yang bisa membuat makanan semakin nikmat ini ternyata memiliki banyak nutrisi baik bagi kesehatan. Sebagai contoh, dalam 100 gram lada hitam, kita bisa menemukan 250 kalori, karbohidrat, serat, lemak, protein, dan berbagai vitamin serta mineral. Sebenarnya, apa sajakah manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan andai kita mengkonsumsi lada hitam?



Melancarkan pencernaan
Lada hitam ternyata mengandung zat bernama peperine yang bisa membuat produksi asam hidroklorik pada saluran pencernaan meningkat. Asam hidroklorik ini ternyata bisa membantu saluran pencernaan memecah sekaligus menyerap nutrisi dari makanan dengan lebih baik. Alhasil, kita pun tidak akan mudah mengalami sembelit atau gangguan perut kembung yang disebabkan oleh produksi gas berlebihan dalam perut.

Mencegah kanker
Kandungan flavonoid dan karoten dari lada hitam ternyata bisa melawan pertumbuhan sel-sel penyebab kanker. Tak hanya itu, kandungan piperine dan polifenol di dalam bumbu ini juga mampu mencegah pertumbuhan sel kanker dengan efektif. Berbagai kandungan antioksidan dalam lada hitam juga mampu menurunkan efek buruk dari radikal bebas di dalam tubuh. Rutin mengkonsumsinya membuat kita mencegah kanker payudara, kanker kulit, hingga kanker usus besar.

Membuat kulit sehat
Kandungan polifenol dari lada hitam memang mampu mencegah efek buruk dari radikal bebas yang bisa memicu masalah kulit layaknya perubahan warna kulit menjadi lebih gelap. Kandungan vitamin C dari bumbu ini juga akan membantu pengangkatan sel kulit mati sekaligus mencegah datangnya jerawat.

Mengatasi ketombe
Sifat anti bakteri dan anti inflamasi dari lada hitam bisa membantu mengatasi ketombe. Untuk mendapatkan manfaat ini, kita hanya perlu mencampurkan lada hitam dengan lemon dan mengaplikasikannya secara langsung pada rambut.