Beragam Manfaat Daun Ketumbar Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Ada beragam tanaman herbal di sekitar anda yang biasa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Selain dalam bentuk akar-akaran, tanaman herbal juga banyak ditemukan dalam bentuk daun. Salah satunya adalah daun ketumbar, atau biasa disebut dalam bahasa Inggris dengan nama Coriander leaves.



Daun ketumbar menawarkan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, sebagian diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Mengurangi peradangan
    Sifat anti-inflamasi dalam daun ketumbar bisa membantu pasien arthritis dalam mengurangi pembengkakan sendi. Selain itu, daun ini juga bisa membantu menyembuhkan rheumatoid.

    Daun ketumbar dapat dikonsumsi dengan meminum air rebusannya. Selain cara tersebut, anda juga bisa mengeringkannya, lalu dijadikan bubuk untuk ditaburkan di atas masakan atau makanan anda.

  • Mencegah gangguan mata
    Daun ketumbar juga mengandung zat antioksidan di dalamnya di mana salah satu manfaatnya adalah membantu menjaga kesehatan mata dan meminimalkan risiko dari terjadinya gangguan atau masalah pada mata.
  • Mencegah alzheimer
    Berkat kandungan vitamin K yang tinggi dalam daun ketumbar, membuatnya bermanfaat untuk mengurangi kerusakan saraf yang dapat menyebabkan datangnya penyakit alzheimer.
  • Mengurangi nyeri saat menstruasi
    Daun ini mengandung berbagai asam yang cukup tinggi di mana dapat membantu mensekresi hormon dan mengatur siklus menstruasi. Selain itu, daun ketumbar mampu membantu mengurangi rasa nyeri saat menstruasi.
  • Mengurangi bau badan
    Karena daun ketumbar dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh, maka bakteri yang menyebabkan bau badan pun juga ikut hilang. Bagi anda yang punya masalah dengan bau badan, mungkin mengonsumsi daun ketumbar bisa mengatasi masalah tersebut.
  • Mengatasi masalah pencernaan
    Daun ketumbar adalah tanaman herbal yang mampu membantu memproduksi lebih banyak enzim pencernaan. Maka dari itu, masalah yang berhubungan dengan perut kembung atau pencernaan bisa diatasi atau disembuhkan.
  • Mencegah anemia
    Dengan mengonsumsi daun ketumbar, maka sel-sel darah merah yang ada dalam tubuh akan dimurnikan kembali dan diproduksi secara aktif sehingga dapat menghindarkan tubuh dari serangan anemia.
  • Menyembuhkan infeksi saluran kemih
    Selain bisa membantu membersihkan ginjal, daun ketumbar juga mampu membantu membersihkan saluran kemih yang pada akhirnya dapat mencegah penyakit yang berkaitan dengan saluran kemih.
  • Mencegah pembekuan darah dan osteoporosis
    Daun ketumbar mengandung vitamin K yang cukup tinggi di mana tidak hanya baik untuk kesehatan tulang namun juga berperan penting dalam mencegah pembekuan darah.
  • Mengurangi rasa cemas
    Daun ketumbar bisa membantu mengusir stres dan menenangkan saraf. Otot-otot anda yang tegang akan menjadi lemas kembali dan rasa cemas pun akan berkurang.
  • Mengusir racun dalam tubuh
    Logam berat seperti timah, aluminium, dan merkuri terakumulasi dalam tubuh manusia dengan jangka waktu yang lama. Seiring berjalannya waktu, racun dan logam ini dapat menyebabkan penyakit seperti demensia, autisme, dan infertilitas. Daun ketumbar mampu menghilangkan racun dan logam-logam tersebut yang ada dalam tubuh.
  • Menurunkan gula darah
    Kolesterol adalah lemak esensial yang bisa menyebabkan penyakit serius seperti diabetes, stroke, dan gagal jantung. Daun ketumbar secara alami dapat membantu menurunkan gula darah berkat kandungan kalium dan natrium di dalamnya.
  • Mencegah batu ginjal
    Daun ini bisa berfungsi sebagai diuretik alami yang bermanfaat untuk mengeluarkan urin atau air seni lebih banya. Daun ketumbar juga bisa membantu mendetoks ginjal anda sehingga mampu mencegah anda untuk terkena penyakit batu ginjal.
Baca Juga:  Penyakit Yang Bisa Ditimbulkan Dari Helm Yang Kotor