Beragam Manfaat Buah Tomat

DokterSehat.Com – Tomat adalah salah satu jenis sayuran yang banyak ditemui dalam makanan sehari-hari. Disamping dipakai sebagai salah satu campuran lauk atau sayuran, tomat juga bisa dikonsumsi sendiri dalam bentuk buah-buahan atau jus. Rasanya yang enak juga diimbangi dengan berbagai banyak nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Apa sajakah kebaikan tomat yang bisa kita dapatkan jika kita rajin mengkonsumsinya?

doktersehat-tomat

Tomat sebaiknya dikonsumsi dalam kondisi yang segar atau mentah. Jus tomat bisa menjadi pilihan yang enak sekaligus sehat. Tahukah anda, tomat memiliki banyak sekali nutrisi yang baik layaknya vitamin A, vitamin K, hingga vitamin C yang baik bagi tubuh. Buah yang kaya akan serat ini juga memiliki beberapa kandungan baik layaknya potassium dan juga folat. Tomat sendiri adalah buah yang kaya air dan memiliki kandungan kalori yang rendah. Hal inilah yang membuat tomat kerap kali masuk dalam daftar makanan yang baik bagi mereka yang sedang menjalankan program diet ketat.

Tomat yang dikonsumsi dengan rutin ternyata bisa membuat tubuh mengalami penurunan kadar kolesterol jahat atau LDL. Kolesterol jahat sendiri memberikan resiko yang sangat besar dalam menyebabkan penyakit jantung atau stroke. Tomat memiliki kandungan niacin yang bisa mengendalikan kandungan kolesterol jahat dan ditambah dengan kandungan vitamin B6 yang baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah, maka resiko mendapatkan penyakit jantung pun akan ditekan dengan signifikan.

Kebaikan lain yang ditawarkan oleh tomat adalah kemampuannya dalam membuat sistem pertahanan tubuh menjadi lebih baik. Sistem imun tubuh akan semakin kuat dengan kandungan vitamin A dan vitamin C yang kaya di dalam tomat. Sistem imun yang lebih kuat tentu saja akan membuat tubuh tidak akan mudah terkena banyak penyakit. Selain itu, bagian mata dan kulit juga akan menjadi lebih terlindungi karena memiliki kandungan betakaroten. Kandungan ini akan menjaga mata tetap sehat dan kulit tidak akan mudah mengalami penuaan dini. Selain itu, kandungan tomat yang berupa lycopene dapat membuat tubuh melawan sel-sel kanker, khususnya kanker usus besar dan lambung. Dengan banyaknya kebaikan yang ditawarkan tomat bagi tubuh kita, apakah anda sudah mengkonsumsi tomat hari ini?

Baca Juga:  Awas, Konsumsi Alkohol Segelas Setiap Hari Sudah Mampu Meningkatkan Resiko Terkena Kanker