Beragam Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Apakah anda berani berjalan tanpa alas kaki di luar rumah? Kita tentu akan berpikir ulang untuk melakukannya karena kaki tentu akan beresiko terkena banyak hal berbahaya jika kita berjalan tanpa adanya alas kaki layaknya sandal atau sepatu. Sebagai contoh, kita bisa saja menginjak aspal yang panas di siang terik atau terkena paku berkarat dan pecahan kaca di jalan yang terbuat dari tanah atau bebatuan. Banyaknya hal yang berbahaya ini membuat banyak orang yang memilih untuk berjalan tanpa alas kaki di bagian dalam rumah aja. Hanya saja, jika kita menemukan taman yang bersih dan aman, mengapa kita tidak mencoba berjalan tanpa alas kaki di rerumputan atau di atas tanah?

doktersehat-meditasi-lingkungan-udara

Berjalan tanpa alas kaki ternyata bisa memberikan efek kesehatan yang baik karena bisa membuat aliran darah menjadi lebih lancar sehingga stress pun akan jauh lebih mereda. Menginjakkan kaki tanpa alas di atas rerumputan seringkali dianggap sebagai salah satu trik mengurangi stress yang sangat ampuh. Berjalan tanpa alas kaki juga akan membuat daya tahan tubuh dan juga keseimbangan pada tubuh menjadi lebih baik. Pernahkan anda melihat taman yang memiliki tatanan batu yang memang khusus untuk diinjak? Tak ada salahnya mencoba berjalan di tatanan batu tersebut karena bisa membuat anda serasa dipijat dan memberikan efek kesehatan yang baik bagi tubuh.

Dengan berjalan tanpa alas kaki, tubuh memiliki kesempatan untuk membuat banyak radikal bebas dinetralisir. Radikal bebas bisa muncul dari berbagai hal yang ada dalam kehidupan sehari-hari dan jika dibiarkan saja maka bisa membuat kinerja organ tubuh dan hormon-hormon terganggu dan menyebabkan penyakit. Dengan radikal bebas yang dinetralisir, tubuh pun menjadi tidak mudah terkena penyakit.

Baca Juga:  Awas, Benda Yang Kerap Dipegang Anak Ini Banyak Mengandung Kuman

Berjalan kaki tanpa alas kaki juga diklaim mampu membuat penyembuhan trauma, luka, atau beberapa penyakit akan menjadi lebih baik. Berjalan kaki tanpa alas kaki, khususnya jika menginjak tatanan batu ternyata bisa memberikan efek layaknya pijat refleksi dan membuat organ-organ tubuh dan peredaran darah menjadi jauh lebih lancar sehingga tubuh pun lebih sehat dan bugar.