Beragam Manfaat Bawang Bombay yang Tidak Kita Duga

DokterSehat.Com – Bawang bombay dikenal luas sebagai salah satu bumbu masakan yang bisa membuat makanan menjadi terasa lebih nikmat. Namun, yang tidak disangka adalah, bawang yang memiliki ukuran cukup besar ini ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan yang tidak kita duga. Apa sajakah manfaat kesehatan dari bawang bombay ini?



Menghilangkan bakteri pada udara di dalam ruangan
Bawang bombay ternyata memiliki semacam senyawa asam sulfat. Senyawa ini membuatnya memiliki aroma dan rasa yang cenderung kuat. Yang tidak disangka adalah, senyawa asam sulfat ini ternyata memiliki kemampuan yang sangat luar biasa dalam melawan bakteri. Untuk memanfaatkan kemampuan ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengiris bawang bombay menjadi beberapa potongan dan kemudian meletakkannya ke sudut ruangan yang kerap kita tinggali seperti ruang keluarga atau kamar tidur. Keberadaan irisan bawang Bombay ini ternyata bisa membuat jumlah berbagai bakteri yang ada di udara bisa menurun sehingga kita pun akan tetap sehat dan tidak mudah jatuh sakit.

Mencegah infeksi pada tubuh
Ada sebuah trik menarik yang bisa kita lakukan dengan irisan bawang bombay ini, yakni dengan meletakkannya ke dalam kaus kaki pada pagi hari sebelum kita pakai. Kerap melakukannya ternyata bisa membuat kita mencegah infeksi pada tubuh dengan lebih baik.

Membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat
Bawang bombay ini ternyata bisa saja dikonsumsi secara langsung atau setidaknya dijadikan sup terlebih dahulu. Kandungan antioksidan bernama quercetin pada bawang Bombay ini ternyata bisa membuat sistem kekebalan lebih kuat dalam melawan efek buruk paparan radikal bebas.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita kerap membeli bawang Bombay karena bisa dijadikan bumbu masakan yang memperkuat rasa dan aroma makanan sekaligus membuat tubuh kita menjadi lebih sehat.