Beragam Keuntungan Menggunakan Sabun Batangan Saat Mandi

DokterSehat.Com – Sabun batangan adalah sabun yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat tanah air. Tak hanya memiliki harga yang murah, sabun ini juga dianggap cukup praktis untuk digunakan saat membersihkan badan. Sayangnya, seiring dengan perkembangan jaman, cukup banyak orang yang semakin meninggalkan sabun batangan dan menggantinya dengan sabun cair. Banyak orang yang menyebutkan bahwa sabun batangan beresiko besar menjadi sarang bakteri karena ditempatkan di wadah yang juga cenderung lembab. Namun, menurut pakar kesehatan, sabun batangan tetap saja menawarkan banyak keuntungan untuk digunakan seperti sebagai berikut.

doktersehat-sabun-batangan

Membantu proses eksfoliasi secara alami
Mengingat kita harus menggosokkan sabun batangan pada kulit saat menggunakannya, maka kita pun akan secara alami melakukan proses eksfoliasi atau mengangkat berbagai kotoran dan sel kulit mati. Hal ini tentu akan membantu kulit tubuh menjadi lebih bersih dan sehat.

Jangan terlalu khawatir tentang bakteri
Banyak orang yang mengkhawatirkan mudahnya sabun batangan untuk jatuh ke lantai sehingga akan terkontaminasi bakteri. Untungnya, pakar kesehatan menyebutkan jika kita hanya perlu membilas sabun dengan air yang mengalir untuk menghilangkan berbagai kotoran atau bakteri tersebut dari sabun sebelum dipakai. Tak hanya itu, demi menghindari paparan bakteri dari wadah sabun, kita sebaiknya menempatkan sabun pada tempat yang cenderung kering dan jauh dari air.

Bisa merasakan manfaat langsung dari sabun
Jika kita cermati, terdapat beberapa jenis sabun yang memiliki potongan buah atau kacang-kacangan yang ditanamkan di dalam sabun batangan. Hal ini ternyata bisa membantu kita merasakan manfaat langsung dari sabun tersebut.

Lebih ramah lingkungan
Kebanyakan bungkus sabun batangan terbuat dari bahan kertas yang tentu jauh lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan jenis sabun lainnya yang memakai bungkus atau botol plastik. Hal ini tentu akan membuat kita menurunkan produksi limbah plastik. Tak hanya itu, limbah deterjen dari sabun batangan juga disebut-sebut lebih aman bagi lingkungan jika dibandingkan dengan sabun lain yang memiliki kandungan SLS.