Benjolan Pada Rongga Mulut Balita

DokterSehat.Com – Balita adalah masa dimana anak-anak mendapatkan banyak sekali informasi yang pada akhirnya diserap dan dipelajari agar bisa melakukan banyak aktifitas sebagaimana yang dilakukan orang yang berusia lebih tua. Di masa ini, balita akan banyak meniru dan menggigit banyak hal serta melakukan banyak permainan. Balita yang cenderung aktif tentu beresiko untuk mendapatkan luka pada bibir atau rongga mulut yang bisa memicu benjolan yang disebut dengan mucolele. Apakah benjolan ini berbahaya bagi kesehatan balita?

doktersehat-bayi-rambut-rontok-tidak-boleh-minum-air-putih-bawah-enam-bulan

Mucolele sendiri bisa muncul di rongga mulut bagian atas, mulut bagian bawah, hingga area bawah lidah. Munculnya mucolele disebabkan oleh adanya trauma yang terjadi pada kelenjar ludah yang bisa saja disebabkan oleh benturan atau sodokan saat balita bermain-main atau menggigit sesuatu. Trauma pada kelenjar ludah inilah yang pada akhirnya membuat ludah bertahan pada kelenjar tersebut dan menciptakan benjolan. Yang menjadi masalah dalah, benjolan ini bisa semakin membesar jika tergesek. Padahal, balita tentu akan makan cukup banyak dalam sehari sehingga resiko terkena gesekan pun cukup tinggi sehingga mucolele pun bisa bertahan hingga berbulan-bulan.

Selain benjolan yang disebut sebagai mucolele, balita juga beresiko terkena masalah benjolan yang disebut dengan ranula. Ranula sendiri adalah kelainan yang terjadi pada kelenjar liur yang jauh lebih besar atau kelenjar liur mayor yang biasanya berada pada bagian bawah mulut. Selain benjolan di rongga mulut, ranula yang sudah cukup parah bahkan bisa membuat benjolan yang cukup besar di leher dan disertai dengan cairan dengan warna kebiru-biruan.

Kedua jenis benjolan pada rongga mulut ini sayangnya hanya bisa diobati dengan cara melakukan pembedahan kecil yang tidak berbahaya bagi kesehatan. Kedua benjolan ini juga bukan masalah kesehatan yang perlu ditakuti. Namun, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi buah hati kita ke dokter jika ditemukan benjolan pada rongga mulut sehingga akan mendapatkan penanganan medis yang tepat.