Benjolan di Leher Bisa Jadi Terkena Laringokel

DokterSehat.com – Laringokel merupakan penonjolan selaput lendir laring atau kotak suara. Kondisi ini kemungkinan berkaitan dengan meningkatnya tekanan intralaringeal.



Laringokel berisiko dialami musisi yang memainkan alat musik tiup. Penyakit ini paling banyak dialami pria setengah baya dan umumnya bersifat unilaterla (hanya pada satu sisi).

Gejala

Laringokel yang menonjol ke dalam disebut laringokel interna, kondisi ini mengakibatkan suara serak dan penyumbatan saluran udara. Penderita juga bisa mengalami disfagia (gangguan menelan), batuk atau merasakan adanya sesuatu di tenggorokannya.

Pada laringokel yang menonjol ke luar atau laringokel eksternal  mengakibatkan benjolan di leher. Laringokel berisi udara dan bisa mengembang bila penderita menghembuskan nafasnya kuat-kuat dalam keadaan mulut dan kedua lubang hidung tertutup. Laringokel dapat terisi atau terinfeksi oleh cairan yang menyerupai lendir.

Diagnosa

Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik. Pada CT scan, laringokel tampak licin dan berbentuk seperti telur.

Pengobatan

Secara medis penyakit ini akan diatasi dengan memberikan satu jenis pengobatan yakni pembedahan yang bertujuan untuk mengangkat laringokel dari tubuh penderita.