Benjolan di Lehar dan Ketiak Pertanda Kanker Getah Bening

DokterSehat.com – Kanker kelenjar getah bening atau limfoma merupakan pertumbuhan yang tidak terkontrol dari sel-sel di sekitar kelenjar getah bening. Limfoma biasanya ditandai dengan adanya benjolan di daerah node seperti di ketiak, belakang leher, dan pangkal paha. Tidak semua limfoma bisa tumbuh di daerah terdeteksi. Waspadalah bila terdapat benjolan, munculnya benjolan bisa disebabkan oleh:



1. Infeksi virus, penyembuhannya bisa dengan mudah dilakukan dengan antibiotik dan biasanya berlangsung satu atau dua minggu.

2. Tuberkulosis, yang terdeteksi lebih dini bisa dengan mudah disembuhkan dan yang membutuhkan perawatan medis yang lebih khusus.

3. Kanker, hanya bisa didiagnosis dengan biopsi. Bila ada beberapa benjolan yang sudah berkembang selama beberapa waktu, maka sebaiknya segera periksakan ke hematologi.

Tanda-tanda lain adalah keringat dingin saat malam hari, penurunan berat badan yang signifikan, kehilangan napsu makan, dan kelesuan.

Ada berbagai jenis dan subtipe limfoma namun umumnya bisa dibagi menjadi dua kategori besar,    yakni Hodgkins dan Non-Hodgkin. Limfoma Hodgkins jauh lebih mudah disembuhkan dan prognosisnya amat baik ketimbang  limfoma Non-Hodgkin.

Stadium 1 Limfoma berada pada satu kelompok kelenjar geth bening

Stadium 2 Limfoma berada pada dua atau lebih kelompok kelenjar getah bening dan terletak di satu sisi diafragma (sekat antara rongga perut dan rongga dada).

Stadium 3 Terdapat lebih dari dua kelompok kelenjar getah bening yang ada di dua sisi diafragma.

Stadium 4 Limfoma telah terjadi di organ tubuh lain seperti di paru-paru, perut atau di sumsum tulang.

Bila tahapan kanker sudah pada stadium 3 dan 4, maka proses penyembuhan bisa dilakukan dengan kemoterapi.

Setelah dilakukan biopsi dan didiagnosisbahwa tumor adalah kanker, maka CT scan akan dilakukan untuk tahap kanker. Pada limfoma, susmsum tulang akan diperiksa apakah sumsum tulang membawa kanker juga. CT scan dapat dilakukan dengan teratur selama kemoterapi untuk menentukan reaksi dari pengobatan tersebut.

Baca Juga:  Cara Bebas dari Stroke

Pada akhir perawatan, CT scan dan akhir PET scan dilakukan untuk mengkonfirmasi adanya sel-sel kanker. Pengobatan kemoterapi dapat berlangsung antara enam sampai delapan bulan dan satu bulan lebih untuk memulihkan diri dari efek Kemoterapi.