informasi kesehatan


Benjolan di Anus yang Tidak Berdarah

Benjolan di Anus yang Tidak Berdarah

            

Team Dokter Sehat yth,

Saya pemuda berumur 26thn, sekitar 1-2 thn yg lalu saya menemukan ada beberapa benjolan / gumpalan daging seperti jerawat di sekitar permukaan anus saya. Awalnya saya tidak terlalu menghiraukannya karena saya mengira itu hanya gumpalan daging tumbuh biasa saja. Tetapi kelamaan saya mendapati bahwa gumpalan daging tsb seperti bertambah banyak dan sedikit membesar. Karena penasaran saya pernah memasukkan jari saya ke dalam anus utk meraba, ternyata di dalam anus saya juga terdapat gumpalan daging tersebut.
Pertanyaan saya adalah, apakah gumpalan daging tsb? Apakah semacam kanker atau tumor? Apakah berbahaya bagi kesehatan saya? Sebagai informasi, sampai sekarang saya ga pernah merasakan kesakitan pada anus saya dan sepertinya anus saya baik2 saja, tidak berdarah atau yg lainnya.

Saya pernah berpikir utk memeriksa ke dokter tp saya bingung saya harus ke dokter apa, karena saya sendiri tidak tau penyakit apa yg saya derita.

Kiranya team dokter sehat dapat memberikan jawaban atau solusi utk pertanyaan saya ini. Sebelum dan sesudahnya saya mengucapkan banyak terima kasih.

Pertanyaan Serupa

saya khawatir terkena wasir gejalanya saat bab ada daging yang menonjol sebesar klingking 5cm ,tak
pernah ada darah hanya saja memang bab kurang lancar dan karena pekerjaan saya ,saya harus duduk dalam waktu yang lama. apa itu termasuk wasir? terimakasih

-Pembaca DokterSehat –

Jawab

Daging yang menonjol di anus dimana benjolan tidak di pedulikan berapa besarnya, hal bisa dikatakan sebagai wasir dimana dalam istilah kedokteran disebut dengan hemorroid externa, jadi walaupun BAB tidak berdarah seperti pada kasus anda itu sudah dikatakan sebagai wasir.

BAB tidak lancar dikarenakan kurangnya makan-makanan yang berserat dan seringnya duduk yang dikarekan perkerjaan sehari-hari yang ada didiri anda itu merupakan sebagai salah satu pemicu terjadinya wasir.
Dalam kedokteran wasir mempunyai tingkatan (grade)yaitu:

  1. Hanya keluar darah saat BAB, tidak ada benjolan.
  2. Keluar darah saat BAB atau tidak, adanya benjolan di anus tetapi benjolan tersebut dapat masuk dengan sendirinya.
  3. Keluar darah saat BAB atau tidak, benjolan dianus tetapi benjolan dapat masuk dengan menggunakan tangan
  4. Keluar darah saat BAB, benjolan (+) dan tidak dapat masuk lagi.

Dilihat dari gejala yang anda alami dapat dikatakan wasir tingkat 2 atau bisa juga
tingkat 3.

Perlu diingat gejala wasir tidah hanya seperti diatas, tetapi dapat juga disertai dengan rasa gatal dan nyeri. Terima kasih atas pertanyaannya icon smile Benjolan di Anus yang Tidak Berdarah  Untuk kepastiannya silakan mengunjungi dokter terdekat. Anda dapat pergi ke dokter umum terdekat dan apabila perlu penanganan yang lebih serius akan di runjuk ke salah satu dokter spesialis yang lebih sesuai

Oleh

 

Dr. Lita
Team DokterSehat

pf button both Benjolan di Anus yang Tidak Berdarah