Benda yang Setiap Hari Kita Gunakan Ini Ternyata Bisa Menyebabkan Kanker

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika gaya hidup yang tidak sehat, khususnya berupa pola makan yang tidak sehat, kurangnya waktu istirahat, atau kebiasaan malas berolahraga, bisa membuat kita meningkatkan resiko terkena penyakit kanker. Selain itu, tenyata ada beberapa benda yang biasa kita gunakan setiap hari yang ternyata juga bisa menyebabkan kanker. Benda apa sajakah itu?

doktersehat-pewangi-mobil

Spidol whiteboard
Dibandingkan dengan kapur tulis, kini semakin banyak sekolah atau bahkan keluarga yang memakai spidol whiteboard. Alasannya tentu saja adalah lebih bersih dan tidak akan menimbulkan batuk-batuk layaknya kapur tulis. Pakar kesehatan menyebutkan jika spidol ternyata mengandung bahan kimia yang membuatnya memiliki bau khas, yakni xylene. Xylene ini ternyata juga digunakan pada cat, pernis, dan juga thinner. Yang menjadi masalah adalah, xylene ternyata termasuk dalam bahan kimia beracun yang sangat buruk andai kerap dihidup. Sebagai informasi, penggunaan spidol dalam jangka pendek bisa memberikan efek layaknya gangguan pernafasan atau sakit kepala. Jika digunakan terlalu sering, maka dikhawatirkan efek jangka panjangnya adalah kerusakan otak, hati, ginjal, sistem saraf pusat, hingga meningkatnya resiko kanker.

Pewangi pakaian
Dengan menggunakan pewangi pakaian, maka kita bisa memakai baju yang wangi sehingga lebih nyaman dan percaya diri. Sayangnya, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Profesor Anne Steinemann dari University of Washington, diketahui bahwa saat kita menggunakan alat pengering pada pakaian yang sudah direndam dengan deterjen dan pewangi pakaian, maka ada sekitar 25 senyawa organik yang ikut menguap, termasuk acetaldehyde dan benzene yang bersifat karsinogenik atau menyebabkan kanker.

Pewangi mobil
Pakar kesehatan menyebutkan jika ada baiknya kita tidak menyalakan AC begitu masuk ke dalam mobil dan membuka kaca jendela terlebih dahulu selama beberapa menit sebelum menutupnya dan menyalakan AC. Hal ini dikarenakan pewangi pada AC mobil ini bisa melepaskan benzene, semacam senyawa organik yang bisa menyebabkan kanker layaknya leukimia, meracuni tulang, memicu anemia, hingga menurunkan kadar sel darah putih di dalam tubuh.