Benda Di Dalam Rumah Yang Paling Banyak Dihinggapi Kuman

DokterSehat.Com – Semenjak kita kecil, kita tentu sering diberitahu orang tua untuk rajin-rajin mencuci tangan dan kaki setelah kita masuk ke dalam rumah. Mencuci tangan dan kaki dianggap sebagai langkah yang ampuh untuk menghilangkan berbagai kuman yang kita sentuh setelah berjalan atau beraktifitas di luar rumah. Memang, hal ini sangat baik untuk mencegah kuman yang bisa membuat tubuh menjadi sakit. Namun, tahukah anda jika di dalam rumah pun kita bisa menemukan banyak kuman-kuman berbahaya? Berikut adalah beberapa tempat di dalam rumah yang banyak dihinggapi oleh kuman.



Toilet tentu akan menjadi tempat pertama yang memiliki banyak kuman. Di dalam toilet, kita bisa menemukan banyak jamur, kuman, hingga bakteri mengingat toilet adalah tempat dimana kita banyak membuang kotoran tubuh. Hanya saja, kita setidaknya bisa menekan kuman-kuman tersebut jika kita rajin membersihkan toilet. Selain toilet, tempat cuci piring ternyata juga memiliki kuman yang sangat banyak. Kadang kala kita menyimpan piring dan alat masak yang kotor untuk dicuci di lain waktu. Hal inilah yang bisa menyebabkan banyak kuman menghinggapi tempat cuci piring. Selain itu, kita memiliki kebiasaan memakai satu busa pencuci piring untuk berbagai kotoran pada piring dan alat masak sehingga bisa menyebabkan kuman berpindah-pindah dengan mudah. Apakah anda pernah mencuci tempat cuci piring? Seringkali tentu tidak bukan? Kita akan berpikir jika tempat cuci piring sudah aman karena sudah terkena air dan sabun berkali-kali. Hal ini ternyata tidak benar adanya. Anda harus rajin-rajin memakai sabun antiseptik setelah mencuci piring agar kuman tidak menghinggapi tangan anda.

Sikat gigi sering kali kita biarkan saja di kamar mandi setelah digunakan. Kelembaban dari sikat gigi ini ternyata bisa menjadi tempat ideal bagi kuman, apalagi jika kamar mandi kita disatukan dengan toilet yang tentu saja bisa menyebabkan sikat gigi lebih banyak mengandung kuman. Ada baiknya kita memiliki lemari kecil pada dapur yang bisa kita pakai sebagai tempat sikat gigi sehingga tidak mudah terkena kuman.

Baca Juga:  Hematuria, Adanya Darah di Dalam Urin

Yang agak mengejutkan adalah remote televisi ternyata menjadi salah satu tempat kuman paling favorit. Kita terkadang menaruh remote televisi sembarangan setelah mematikan televisi. Kebiasaan meletakkan remote di lantai, di sela-sela sofa, atau bahkan di kolong kursi menyebabkan remote ini penuh dengan kuman. Selain itu, anda pasti pernah langsung memegang remote televisi setelah melakukan kegiatan di luar rumah tanpa pernah mencuci tangan terlebih dahulu bukan? Berhati-hatilah saat anda ingin makan namun sebelumnya memegang remote televisi. Ada baiknya anda memakai sabun antiseptik agar kuman-kuman pada tangan anda bisa hilang dan tidak ikut masuk bersama makanan.