Benarkan Minuman Air Kelapa Bisa Melancarkan Persalinan?

DokterSehat.Com – Masa kehamilan adalah masa dimana ibu hamil akan sangat memperhatikan kesehatannya. Dengan harapan agar sang buah hati nantinya akan terlahir dengan kondisi sehat dan sempurna, maka ibu pun akan menjaga semua aktifitas dan juga asupan makanan hariannya. Saat kehamilan mencapai trimester ketiga, ibu hamil juga sudah mempersiapkan fisik dan mentalnya sebaik mungkin agar bisa mendapatkan kelahiran yang aman bagi dirinya dan sang buah hati. Selain itu, beberapa ibu hamil juga mempercayai anjuran orang tua atau mitos yang dianggap bisa melancarkan proses persalinan. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi air kelapa.

doktersehat-hamil-kehamilan-anak-laki

Entah darimana asalnya, namun ada sebagian masyarakat yang mempercayai mitos dimana ibu hamil sebaiknya banyak-banyak minum air kelapa sebelum proses persalinan. Minyak kelapa dianggap sebagai minuman yang bisa membantu proses persalinan menjadi lebih lancar dan bisa memastikan bayi terlahir dengan selamat. Hanya saja, pakar kesehatan justru berpendapat jika hal ini tidak akan berguna sama sekali bagi proses persalinan meskipun memang akan memberikan sugesti positif dan menenangkan ibu hamil menjelang masa persalinan.

Pakar kesehatan dan kehamilan menyebutkan jika minum air kelapa hanya akan memberikan dampak kesehatan bagi organ pencernaan. Namun, air kelapa sama sekali tidak terbukti secara medis bisa membuat proses persalinan jauh lebih lancar. Alih-alih mempercayai mitos, pakar kesehatan justru menyarankan ibu hamil untuk menjaga berat badannya agar tetap ideal. Sebelum proses kelahiran berlangsung, ibu hamil haruslah menjaga indeks massa tubuh atau IMT nya dalam kondisi yang normal dan memiliki gizi yang cenderung baik. Biasanya, ibu hamil akan mengalami pertambahan berat badan sekitar 12 hingga 14 kg hingga proses persalinan tiba. Jika ibu hamil mengalami pertambahan berat badan yang lebih besar, bisa jadi bayi yang dikandungnya terlalu besar yang tentu akan lebih mempersulit proses persalinan.