Benarkan Menjemur Bayi Bisa Mengatasi Masalah Nafas Berat?

DokterSehat.Com – Saat bayi belum mencapai usia satu tahun, nafasnya terkadang sangat berat dan menimbulkan bunyi “grok-grok”. Meskipun terlihat mengkhawatirkan, pakar kesehatan menyebutkan jika hal ini bukanlah masalah yang berbahaya. Dr. Meta Hanindita. SpA, yang berasal dari RS dr. Soetomo, Surabaya, berkata jika nafas yang berat pada bayi ini terjadi karena adanya lendir yang ada pada saluran pernafasan bayi. Lendir ini memiliki fungsi menangkap berbagai benda asing pada udara yang dihirup oleh bayi. Saat udara melewati lendir inilah bunyi “grok-grok” berawal. Andai jumlah lendir cukup banyak, bayi belum memiliki mekanisme batuk untuk mengeluarkannya sehingga terkadang nafas bayi pun terlihat sangat berat.

doktersehat-hidrosefalus-bayi-kelainan

Banyak orang yang berpikir jika dengan menjemur bayi di hangatnya sinar matahari pagi, maka masalah nafas berat pada bayi ini akan bisa diatasi. Namun, menurut dr. Meta, menjemur bayi sama sekali tidak akan memberikan jawaban bagi hal ini. Menurut beliau, menjemur bayi memang akan sangat baik bagi kondisi kesehatannya mengingat banyaknya vitamin D yang akan didapatkan. Namun, hal ini tidak akan mengatasi masalah nafas berat tersebut.

Dr. Meta menyarankan orang tua untuk tidak mengkhawatirkan masalah nafas berat pada bayi. Seiring dengan bertambahnya usia bayi, maka saluran pernafasannya juga akan semakin sempurna dan bunyi “grok-grok” inipun akan hilang dengan sendirinya. Hanya saja, ada baiknya orangtua memperhatikan bunyi “grok-grok” yang terlalu nyaring yang bahkan bisa membuat bayi menangis atau mengganggu tidurnya karena bisa jadi hal ini disebabkan oleh infeksi virus yang tentu harus segera diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Andai anda ingin menjemur bayi untuk mendapatkan vitamin D, pastikan bahwa bayi tidak dijemur dalam kondisi yang terlalu panas. Dr. Meta sendiri menyarankan bayi untuk dijemur maksimal hingga pukul 08:30. Selain itu, durasi menjemur bayi juga sebaiknya tidak terlalu lama, yakni sekitar 15 hingga 30 menit saja.