Benarkan Kegemukan Ikut Berandil Membuat Menstruasi Tidak Lancar?

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika salah satu masalah kesehatan yang banyak menyerang masyarakat modern belakangan ini adalah masalah kegemukan atau obesitas. Konsumsi makanan yang tidak sehat dan gaya hidup yang sangat buruk ditengarai menjadi pemicu utama semakin banyaknya orang yang mengalami kegemukan. Selain bisa memicu berbagai penyakit berbahaya, bagi kaum hawa, kegemukan ternyata juga bisa berimbas pada hal lain, yakni semakin tidak lancarnya siklus menstruasi. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-sakit-perut-Polimenorea

Pakar kesehatan menyebutkan jika pemicu utama dari kacaunya siklus menstruasi adalah karena adanya ketidakseimbangan hormon tubuh yang berpengaruh besar pada siklus ini. Uniknya, dengan tubuh yang mengalami kegemukan, ternyata hormon-hormon dalam tubuh juga mengalami ketidakseimbangan sehingga akan berimbas pada siklus menstruasi secara tidak langsung. Sebagai contoh, dengan tubuh yang semakin berat dan tidak ideal, maka resistensi insulin pun beresiko mengalami peningkatan. Kondisi ini ikut mempengaruhi hormon-hormon yang berkaitan dengan siklus menstruasi pun mengalami kekacauan.

Pakar kesehatan juga menyebutkan jika salah satu penyakit organ kewanitaan wanita yang disebut sebagai Polycystic Ovary Syndrome ternyata sebagian besar disebabkan oleh masalah kelebihan berat badan atau obesitas yang memicu ketidakseimbangan hormon dan kekacauan menstruasi. Selain membuat kacaunya siklusnya, masalah berat badan yang berlebihan ternyata juga bisa memicu pendarahan yang sangat berat andai siklus menstruasi akhirnya tiba.

Sudah menjadi rahasia umum jika kesehatan kaum wanita juga ikut dipengaruhi oleh lancarnya siklus menstruasi. Hal ini berarti, kaum hawa memang sebaiknya mulai menjaga berat badannya agar tetap ideal. Selain bisa membuat tampilan tubuh menjadi lebih baik dan terbebas dari berbagai macam penyakit, berat badan yang ideal juga akan membuat siklus menstruasi menjadi lebih lancar dan tidak lagi menimbulkan kekhawatiran.