Benarkah Vagina Semakin Longgar Karena Sering Berhubungan? Ini Fakta Medisnya

DokterSehat.Com – Ada sebuah mitos yang berkembang di masyarakat dimana wanita yang sudah sering melakukan hubungan intim akan memiliki vagina yang cenderung longgar. Adanya mitos ini menyebabkan banyak pria yang berpikir jika wanita yang sudah berumur dan sudah lama menikah maka vaginanya sudah tidak lagi rapat dan kencang sehingga akan kurang menarik untuk diajak berhubungan intim lagi. Apakah mitos ini benar adanya?

doktersehat-pasangan-seks-couple

Pakar kesehatan justru memberikan jawaban yang sangat berbeda tentang adanya mitos ini. Alih-alih membenarkan bahwa vagina akan semakin kendor seiring dengan seringnya berhubungan intim, pakar kesehatan justru berkata jika vagina memiliki sifat yang mirip dengan karet gelang sehingga memiliki elastisitas yang tinggi dan akan segera kembali ke bentuk aslinya setelah melakukan hubungan intim. Satu hal yang pasti, wanita yang sedang terangsang dan bersiap untuk berhubungan intim dengan pasangannya memang akan mengalami pelonggaran pada vaginanya yang berarti sudah siap untuk melakukan hubungan intim. Selain itu, vagina juga akan memproduksi pelumas alami yang nantinya akan membuat penetrasi penis menjadi lancar dan tidak menyakitkan.

Kita tidak bisa serta merta menganggap semua vagina adalah sama. Banyak karakteristik dan kondisi dari vagina pada setiap wanita. Saat melakukan penetrasi, meskipun vagina lebih terbuka daripada saat wanita belum terangsang, vagina juga akan memberikan efek mengencangkan sehingga memberikan efek nikmat saat berhubungan intim. Pengencangan ini dipengaruhi adanya aliran darah ke vagina sehingga dinding dalam vagina cenderung menebal. Setelah berhubungan intim, tubuh wanita cenderung lebih rileks dan biasanya akan memproduksi zat sekresi layaknya keringat yang tentu akan membuat vagina juga menjadi lebih rileks dan pada akhirnya akan kembali ke bentuk semula dan menjadi ketat layaknya sedia kala.

Baca Juga:  Faktor Resiko Kanker Testis Pada Pria

Penjelasan dari pakar kesehatan ini tentu langsung mematahkan mitos bahwa mereka yang sering berhubungan intim akan memiliki vagina yang lebih kendur. Nyatanya, sebesar apapun ukuran penis pasangannya, keelastisitasan vagina akan segera mengembalikan kekencangan vagina seperti sedia kala.