Benarkah Tinggal Dekat Tower Pemancar Sinyal Seluler Berbahaya Bagi Kesehatan?

DokterSehat.Com – Gadget seperti ponsel dan sinyal seluler kini telah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi sebagian besar manusia. Cukup banyak orang yang bahkan marah-marah jika sinyal pada ponselnya tidak lancar atau bahkan menghilang. Demi memenuhi kebutuhan jaringan sinyal seluler ini, kita tentu sangat mudah menemukan banyaknya tower-tower pemancar sinyal seluler di berbagai tempat, termasuk di tengah-tengah perkampungan. Hanya saja, sebuah pertanyaan pun muncul, apakah tinggal di dekat tower pemancar sinyal seluler ini berbahaya bagi kesehatan?



Sebuah penelitian yang dilakukan di University of California yang ada di San Fransisco, Amerika Serikat, baru-baru ini menemukan fakta dimana radiasi gelombang magnetik yang muncul dari pemancar sinyal seluler ini ternyata memang benar-benar buruk bagi kesehatan tubuh. Dalam penelitian yang dilakukan pada tikus percobaan ini, diketahui bahwa tikus yang kerap berada dekat dengan pemancar sinyal seluler cenderung mengalami penurunan kondisi kesehatan dengan signifikan. Penurunan kondisi ini ditandai dengan penumpukan lemak yang cenderung semakin cepat dan tak terkendali serta otot yang berubah menjadi lemak.

Jeremy Reiter, salah seorang peneliti yang terlibat, menyebutkan bahwa wajarnya, semakin bertambahnya usia seseorang bisa membuat ototnya semakin melemah dan mengalami penumpukan lebih banyak. Sayangnya, karena adanya penurunan kondisi akibat dari paparan radiasi tower sinyal seluler, hal ini bisa berimbas pada menurunnya fungsi otak, khususnya dalam berpikir dan mengingat, serta meningkatnya resiko terkena Alzheimer.

Tak hanya dari radiasi tower pemancar sinyal seluler, Reiter juga memperingatkan bahaya dari radiasi pada ponsel yang hampir setiap hari kita pegang. Jika digunakan secara berlebihan, maka dikhawatirkan kita akan meningkatkan resiko terkena beberapa jenis penyakit ringan hingga penyakit berbahaya seperti kanker.