Benarkah Tindihan Memang Berkaitan Dengan Hal Mistis?

DokterSehat.Com– Banyak orang yang saat tidur merasakan dirinya berada dalam kondisi setengah sadar namun tidak mampu menggerakkan tubuhnya atau bahkan mengeluarkan suara. Fenomena ini dikenal luas oleh masyarakat sebagai tindihan. Karena mengalami sensasi yang aneh ini, banyak orang yang menganggap tindihan sebagai sesuatu yang berkaitan dengan hal mistis dan menyeramkan. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-tidur-REM

Dalam dunia medis, tindihan ini ternyata disebut sebagai sleep paralysis atau terjadinya kelumpuhan saat tidur. menurut pakar kesehatan, mereka yang mengalami tindihan merasa bahwa dirinya berada dalam kondisi sadar dengan mata yang sudah terbuka. Selama beberapa detik atau menit, tubuh akan sangat sulit untuk digerakkan apalagi mengeluarkan suara. Dalam beberapa kasus, beberapa orang merasakan sesak pada dadanya atau bahkan tersedak. Kelumpuhan ini tidak hanya terjadi sekali atau dua kali. Beberapa orang bahkan mengaku jika dalam satu malam, mereka bisa mengalami tindihan hingga beberapa kali.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa tindihan ini kerap terjadi pada mereka yang berusia 15 hingga 20 tahun meskipun mereka yang sudah berusia dewasa juga bisa mengalaminya. Tindihan ini ternyata bisa dijelaskan secara medis sebagai kondisi dimana tubuh sangat kelelahan atau kurang fit sehingga tidak bisa melalui fase tahapan tidur secara normal.

Sebagai informasi, saat tidur kita akan mengalami empat fase, yakni fase setengah sadar, fase tidur yang lebih dalam, fase tidur yang paling dalam yang bisa berlangsung selama 75 persen dari waktu tidur keseluruhan, dan fase rapid eye movement atau REM. Bagi mereka yang tidak fit atau sangat kelelahan, mereka tidak melalui fase tersebut dengan normal dimana setelah fase setengah sadar, tiba-tiba saja mereka sampai ke tahapan REM dimana mata bergerak dengan cepat dan mengalami mimpi. Alhasil, saat tubuh sudah berada dalam kondisi tidur, otak justru masih berada dalam kondisi setengah sadar sehingga menyebabkan sensasi tindihan tersebut.

Baca Juga:  Terkena Tindihan Saat Tidur? Bisa Jadi Anda Sedang Stress

Untuk mengatasi tindihan ini, cobalah untuk menggerakkan ujung jari atau mengatur nafas secara perlahan. Satu hal yang pasti, kita tidak perlu khawatir secara berlebihan akan kondisi ini apalagi mengaitkannya dengan hal mistis. Hanya saja, jika anda sering mengalaminya dan akhirnya mengalami gangguan tidur, ada baiknya segera memeriksakan kondisi tersebut ke dokter.