Benarkah Timun Suri Bisa Meredakan Hipertensi?

DokterSehat.Com– Timun suri termasuk dalam buah yang banyak dicari saat bulan Ramadhan. Buah yang memiliki rasa segar dan dingin ini bisa dijadikan bahan campuran es yang tentu akan sangat nikmat untuk dikonsumsi saaat berbuka puasa. Tak hanya menyegarkan, timun suri disebut-sebut memiliki khasiat berupa menurunkan tekanan darah tinggi pada tubuh. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-timun-suri-barteh

Pakar kesehatan di bidang kesehatan saluran pencernaan bernama dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, yang berasal dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusum menyebutkan jika timun suri adalah buah yang kaya akan kandunag air dan juga serat. Padahal, jika kita rutin mengkonsumsi buah yang kaya akan serat, maka kita akan mencegah masalah hipertensi dengan lebih baik. Selain itu, serat juga mampu menurunkan penyerapan kolesterol dan gula pada usus. Alhasil, tubuh pun akan menjadi semakin sehat.

Pakar kesehatan lainnya, Seala Septiani, SGz, MGizi, menyebutkan bahwa timun suri memang bisa menurunkan hipertensi dengan baik. Di dalam buah yang segar ini, kita bisa menemukan kandungan mineral dan antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan mineral ini bisa membuat tekanan darah menjadi stabil. Sementara itu, kandungan antioksidan bernama flavonoid bisa membuat dinding pembuluh darah yang sebelumnya mengalami inflamasi akibat dari tekanan darah tinggi menjadi lebih sehat. Hal ini ternyata bisa berimbas pada menurunnya tekanan darah hingga ke angka yang normal.

Hanya saja, pendapat yang berbeda justru dikemukakan oleh dr. Hendra Nurjadin, SpPD-KGEH yang berasal dari Rumah Sakit Mayapada di Tangerang. Menurut beliau, timun suri tidak akan mampu meredakan masalah hipertensi. Timun suri memang mampu menurunkan tekanan darah, namun, hingga kini, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa buah ini mampu mengatasi penyakit hipertensi ini. Beliau sendiri menyarankan penderita hipertensi untuk mengkonsumsi obat-obatan dari dokter alih-alih menggantungkan kondisi tekanan darahnya pada timun suri.