Benarkah Tidak Lagi Makan Nasi Bisa Membuat Kita Cepat Langsing?

DokterSehat.Com – Salah satu mitos yang dipercaya oleh banyak orang yang sedang melakukan diet adalah dengan mengurangi atau bahkan tak lagi mengkonsumsi nasi agar program diet mereka berhasil dan berat badan pun segera turun. Nasi kerap disebut-sebut sebagai biang kerok masalah kegemukan sehingga menjadi hal pertama yang harus kita hindari saat ingin menurunkan berat badan. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-nasi-putih

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa nasi adalah sumber karbohidrat yang ternyata sangat penting bagi tubuh, khususnya bagi suplai energi yang bisa membuat berbagai sistem dalam tubuh berfungsi dan membantu kita melakukan banyak hal. Dengan mengkonsumsi karbohidrat ini, maka tubuh akan memproduksi insulin yang bisa membantu proses pembakaran karbohidrat yang pada akhirnya berubah menjadi energi tersebut. Jika kita tidak lagi mendapatkan asupan karbohidrat dari nasi, maka yang terjadi adalah sistem metabolisme tubuh bisa mengalami gangguan mengingat adanya hormon insulin yang tidak bekerja dengan maksimal karena tidak adanya karbohidrat yang dibakar. Jika hal ini terjadi, maka kita akan merasakan kelaparan terus-menerus dan pada akhirnya justru memicu keinginan berlebihan untuk mengkonsumsi camilan.

Jika kita memilih untuk tidak lagi makan nasi saat menjalani diet, bisa jadi kita akan mengkonsumsi sumber karbohidrat lainnya yang tidak sehat layaknya kentang goreng atau roti tawar dengan lebih banyak. Padahal, kalori di dalam kentang goreng atau roti tawar ini justru lebih banyak daripada yang ada di dalam nasi sehingga kita pun akan semakin kesulitan untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Alih-alih fokus pada mengurangi nasi, ada baiknya kita lebih menjaga asupan makanan yang bergizi seimbang. Sebagai contoh, andai kita ingin menurunkan asupan karbohidrat, maka sebaiknya kita juga meningkatkan asupan serat dari sayur atau protein dari daging, ikan, atau telur. Selain itu, cobalah untuk rutin berolahraga sehingga tubuh bisa membakar kalori dengan lebih baik sehingga lebih cepat menurunkan berat badan.