Benarkah Terus Memakai Kacamata Bisa Membuat Minus Pada Mata Semakin Parah?

DokterSehat.Com– Bagi mereka yang mengalami masalah rabun jauh atau mata minus, maka mereka pun akan kesulitan untuk memandang benda-benda dari jarak yang jauh dengan jelas. Masalah kesehatan yang disebut sebagai miopia ini memang bisa diatasi dengan cara menggunakan kacamata minus atau memakai lensa kontak. Sayangnya, ada mitos yang menyebutkan jika kerap menggunakan kacamata minus akan membuat minus pada mata kita kian bertambah. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-penglihatan-mata-kabur-miopi

Pakar kesehatan menyebutkan jika hingga saat ini, belum ada penelitian ilmiah yang berhasil membuktikan jika penggunaan kacamata bisa menyebabkan minus pada mata bertambah. Hal ini berarti, mitos ini sepertinya memang tidak benar adanya. Justru, jika kita tidak menggunakan kacamata minus untuk membantu melihat dengan lebih jelas, maka kita akan beresiko besar mengalami masalah kesehatan berikut ini.

Bertambahnya minus pada mata
Malas menggunakan kacamata yang bisa membuat pandangan jarak jauh menjadi lebih jelas ternyata bisa membuat mata kita mengalami akomodasi dengan tujuan menyesuaikan penglihatan. Mata yang terus dipaksa untuk bekerja keras mencari pandangan yang paling jelas akan menjadi mudah lelah dan justru akan membuatnya meningkatkan minus pada mata.

Membuat lensa mata menjadi kaku
Tak hanya bisa membantu mata memandang benda-benda dari jarak jauh dengan lebih jelas, penggunaan kacamata minus ternyata juga bisa memberikan perlindungan lensa mata dari paparan sinar ultraviolet. Jika kita tidak menggunakan kacamata minus ini secara rutin, maka mata akan terpapar sinar ultraviolet dengan lebih sering dan bisa memicu kekakuan pada lensa mata. Hal ini juga bisa berimbas buruk pada bertambahnya minus pada mata.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang penderita mata minus tetap rajin menggunakan kacamatanya agar tidak semakin membuat masalah minusnya menajdi semakin parah. Selain itu, cobalah untuk lebih baik dalam merawat kesehatan mata, khususnya dengan tidak berlebihan menggunakan gadget atau membaca dengan cara yang benar.