Benarkah Terlalu Banyak Makan Nasi Bisa Menyebabkan Diabetes?

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang ditakuti oleh masyarakat Indonesia adalah diabetes. Banyaknya masyarakat yang terkena penyakit ini membuat cukup banyak mitos tentang diabetes yang dipercaya oleh masyarakat. Salah satu mitos tersebut adalah diabetes bisa disebabkan oleh kebiasaan makan nasi terlalu banyak.

doktersehat-nasi-putih

Mengingat nasi adalah makanan pokok masyarakat tanah air dan cukup banyak orang yang mengkonsumsi nasi dalam jumlah yang banyak karena memang membutuhkan energi yang besar untuk aktifitas sehari-hari, maka mitos ini tentu membuat kekhawatiran tersendiri. Sebenarnya, apakah mitos ini memang benar secara medis?

Sebuah penelitian pun dilakukan untuk mengetahui kaitan antara konsumsi nasi dengan diabetes di China. Sebagai informasi, layaknya di Indonesia, masyarakat China juga mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokoknya sehari-hari. Selain itu, sebuah penelitian dengan tema yang sama juga dilakukan di Singapura. Hasilnya adalah, mitos bahwa mengkonsumsi nasi secara berlebihan bisa memicu diabetes ternyata benar adanya.

Menurut pakar kesehatan, mengkonsumsi nasi terlalu banyak ternyata memang bisa membuat gula darah melonjak dengan signifikan. Jika hal ini terjadi dalam jangka panjang, maka tubuh bisa saja mengalami resistensi insulin sehingga akhirnya memicu diabetes.

Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk menghindari diabetes mengingat nasi adalah makanan pokok kita sehari-hari dimana cukup banyak masyarakat yang menganggap mereka belum makan jika kita belum makan nasi? Pakar kesehatan menyebutkanbahwa ada baiknya kita mulai mengatur porsi nasi yang kita konsumsi sehari-hari. Sebagai informasi, kebutuhan asupan karbohidrat sehari-hari hanyalah 50-60 persen dari total konsumsi makanan harian.

Sumber karbohidrat harian kita ternyata tidak hanya berasal dari nasi, melainkan dari minuman yang manis, mie, roti, biskuit, dan lain sebagainya. Melihat hal ini, ada baiknya kita mencoba untuk menurunkan asupan nasi agar tidak berlebihan dan mengimbanginya dengan sayuran yang kaya serat agar kita bisa merasa kenyang. Dengan menata pola makan yang lebih sehat dan kadar gizi yang berimbang, maka kita pun akan lebih baik dalam mencegah diabetes.