Benarkah Televisi dan Ponsel Penyebab Kanker?

DokterSehat.Com– Pakar kesehatan menyebutkan jika gaya hidup modern ternyata ikut berperan besar dalam meningkatnya jumlah penderita penyakit berbahaya, termasuk kanker, di seluruh dunia. Perkembangan teknologi membuat kita cenderung malas bergerak atau kerap terpapar radiasi yang pada akhirnya bisa menyebabkan kanker. Sebagian masyarakat bahkan percaya bahwa kebiasaan menonton televisi atau penggunaan ponsel yang sudah sangat berlebihan bisa menyebabkan kanker. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-gadget-handphone-media-sosial

Pakar kesehatan Dr. dr. Nugroho Prayogo, SpPD-KHOM, menyebutkan jika penyakit kanker ternyata bisa dipicu oleh dua faktor; yakni faktor dari dalam dan faktor dari luar. Untuk faktor dari dalam, biasanya hal ini disebabkan oleh mereka yang memiliki faktor genetik atau keturunan dari keluarga. Sebagai contoh, seorang wanita terkena kanker payudara karena memang memiliki riwayat keluarga layaknya ibu atau nenek yang juga mengidap penyakit yang sama. Sementara itu, untuk faktor dari luar, hal ini seringkali terkait dengan gaya hidup yang tidak sehat.

Menurut dokter yang berasal dari Rumah Sakit Kanker Dharmais ini, kebanyakan orang terkena kanker karena faktor pola makan yang tidak sehat. Sebagai contoh, jika seseorang suka mengkonsumsi makanan kaya lemak, maka Ia pun akan lebih beresiko terkena kanker payudara. Makanan kemasan yang kaya penyedap dan bahan pengawet, junk food, daging olahan, daging bakar, dan berbagai makanan yang bersifat karsinogenik lainnya juga bisa menyebabkan kanker ini.

Untuk penggunaan ponsel atau menonton televisi, dr. Nugroho menyebutkan jika paparan radiasi dari dua benda elektronik yang sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari ini memang bisa menyebabkan kanker. Sebagai contoh, kita kerap menonton televisi dalam jarak yang sangat dekat dan terlalu lama. Tak hanya itu, penggunaan ponsel yang berlebihan dan selalu diletakkan dekat dengan tubuh termasuk saat tidur juga bisa memicu penyakit ini.

Baca Juga:  Pria Obesitas Memiliki Resiko Tinggi Terkena Kanker Lebih Dari Satu Jenis

Gaya hidup lain yang bisa menyebabkan kanker adalah kebiasaan merokok. Berbagai racun di dalam rokok sudah dikenal luas bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, termasuk kanker.