Benarkan Tauge Mampu Membuat Sperma Pria Semakin Sehat?

DokterSehat.Com – Salah satu hal yang bisa membuat pria menjadi lebih jantan adalah jika mereka memiliki sperma dengan jumlah dan kualitas yang sehat sehingga tidak memiliki masalah kesuburan. Untuk memastikannya, pria tentu harus menjaga gaya hidupnya dengan lebih sehat baik itu dengan rutin mengkonsumsi makanan dengan kadar gizi seimbang, beristirahat dengan cukup, dan juga rutin melakukan aktivitas fisik. Tak hanya itu, masyarakat juga menyarankan pria untuk banyak mengkonsumsi tauge demi kesehatan spermanya. Sebuah pertanyaan pun muncul, apakah tauge memang sangat baik bagi kesehatan sperma?

doktersehat-sperma-taoge

Pakar kesehatan dr. Sigit Solichin dari RS Bunda di Jakarta menyebutkan jika kepercayaan masyarakat tentang tauge yang bisa membuat sperma pria semakin sehat ternyata memang benar adanya. Menurut beliau, tauge memiliki berbagai kandungan yang sangat baik untuk reproduksi, yakni vitamin E. Vitamin E sendiri memang berperan besar dalam produksi sperma dengan jumlah dan kualitas yang baik. Tak hanya itu, vitamin E ini ternyata memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik dalam membuat tubuh terlindungi dari berbagai radikal bebas. Sebagai informasi, radikal bebas ini bisa ikut menurunkan kualitas sperma dan bahkan bisa menggangu proses produksi sperma yang disebut sebagai spermatogenesis.

Banyak pria yang kekurangan asupan vitamin E akan berakhir dengan penurunan produksi jumlah sperma sekaligus berbagai hormone dan enzim yang berperan besar dalam menentukan kesuburannya. Yang menarik adalah, andai kita mengkonsumsi suplemen vitamin E, ternyata tubuh manusia tidak mendapatkan manfaat yang cukup untuk memperbaiki produksi sperma ini.

Karena alasan inilah konsumsi tauge sangat disarankan bagi pria jika mereka ingin memiliki sperma yang sehat dengan jumlah yang cukup sehingga dapat melakukan proses pembuahan. Tak hanya itu, pria juga harus menjaga asupan makanan, khususnya yang kaya akan kandungan vitamin C dan juga beta karoten agar perlindungan dari tubuh semakin baik dalam melawan berbagai macam radikal bebas.