Benarkah Tauge Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma?

DokterSehat.Com – Banyak suami yang memiliki keinginan untuk segera memiliki keturunan akhirnya mengkonsumsi cukup banyak tauge. Dengan banyak memakan tauge, diharapkan sperma pria pun menjadi lebih sehat, berkualitas tinggi, sekaligus memiliki jumlah yang cukup banyak. Apakah tauge memang bisa memperbaiki kesehatan sperma?



Pakar kesehatan dan nutrisi Jansen Ongko, MSc, RD, menyebutkan bahwa sejauh ini belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa tauge memang mampu meningkatkan kesuburan sperma. Menurut beliau, 30 persen dari masalah ketidaksuburan sejauh ini adalah karena gaya hidup yang buruk, khususnya pola makan yang tidak sehat layaknya makanan yang kaya akan kandungan lemak dan gula tambahan. Karena alasan inilah, belum jelas apakah konsumsi tauge bisa mengatasi masalah ketidaksuburan ini.

Menurut Jansen, tauge adalah salah satu jenis sayuran yang cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat tanah air. Dengan mengkonsumsi tauge, maka tubuh pun akan mengalami perbaikan dalam sistem pencernaan, khususnya dalam hal penyerapan zat besi, vitamin C, dan juga zinc. Di dalam tauge, kita juga bisa mendapatkan asupan vitamin B, vitamin E, dan juga karotenoid yang cukup tinggi. Sayangnya, berbagai nutrisi ini belum jelas apakah mampu berpengaruh baik bagi kesuburan pria atau tidak.

Alih-alih mengkonsumsi tauge dalam jumlah yang banyak, Jansen sebenarnya lebih menyarankan pria untuk lebih memperhatikan asupan gizi yang seimbang jika ingin memperbaiki kualitas spermanya. Makanan yang kaya akan gula dan lemak trans sebaiknya dikurangi karena bisa mempengaruhi berat badan dan hormon estrogen yang pada akhirnya menurunkan kesuburan pria. Selain itu, ada baiknya pria juga memperbanyak asupan sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin yang bisa membuat pengendalian hormon yang berpengaruh pada kualitas dan kuantitas produksi sperma menjadi lebih baik. Pria juga sebaiknya rutin melakukan olahraga dan memperbaiki kualitas tidurnya jika ingin memperbaiki kesuburannya.