Benarkah Tanaman Herbal Ini Bisa Menyembuhkan Penyakit Difteri?

DokterSehat.Com– Belakangan ini kasus penyakit difteri menjadi perbincangan hangat masyarakat, apalagi setelah 11 provinsi melaporkan kejadian luar biasa (KLB) penyakit ini. Tak hanya mewaspadai gejala difteri, pakar kesehatan menyarankan masyarakat untuk melakukan imunisasi demi mencegah penyakit ini. Namun, di media sosial tiba-tiba saja muncul informasi yang menyebutkan bahwa ada tanaman herbal yang bisa kita konsumsi untuk menyembuhkan difteri.

Dalam postingan yang sudah menyebar luas di media sosial ini, disebutkan bahwa kita bisa menggunakan segenggam daun mimba, segenggam daun belimbing, satu jari kunir, tiga ruas kencur, satu jari jahe, setengah jari pulosari, satu sendok teh jintan hitam, dan setengah jari masoyi. Semua bahan yang sudah dipotong-potong ini kemudian dimasukkan ke dalam air yang direbus. Setelah matang, kita bisa menyaringnya dan diminum dua kali dalam sehari.

Pakar kesehatan herbal dari Universitas Indonesia bernama Abdul Mun’im MSi PhD menyebutkan bahwa ada baiknya kita tidak mudah mempercayai informasi ini. Menurut Abdul, berbagai tanaman herbal ini memang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, belum ada bukti atau penelitian yang menyebutkan bahwa ramuan ini bisa mengatasi difteri. Abdul pun menyebutkan bahwa ramuan ini akan lebih cocok untuk diminum jika kita merasa tidak enak badan, kurang fit, atau masuk angin.

Daun mimba yang disebut-sebut sebagai bahan herbal utama yang bisa mengatasi difteri ini memang cukup sulit untuk didapatkan. Namun, telah ada beberapa penelitian yang membuktikan bahwa tanaman ini bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik. Sayangnya, untuk mengatasi difteri yang disebabkan oleh virus, belum ada penelitian yang mendukung daun mimba ini bisa menyembuhkan penyakit yang mudah menular dan mematikan ini.