Benarkah Suka Mengkonsumsi Daging Merah Bisa Membuat Kita Terkena Obesitas?

DokterSehat.Com – Daging merah adalah salah satu makanan yang bisa dijadikan sumber protein bagi tubuh kita. Selain rasanya yang enak, daging merah juga bisa diolah menjadi berbagai macam masakan yang disukai oleh banyak orang. Sayangnya, belakangan ini kita kerap mendengar saran yang menyebutkan jika konsumsi daging merah sebaiknya dikurangi jika ingin menjaga atau menurunkan berat badan. Sebuah pertanyaan pun muncul, apakah konsumsi daging merah bisa menyebabkan masalah berat badan?

doktersehat-daging-panggang-meat-sapi-karbohidrat-lemak-kentang-hipertensi

Badan PBB Food and Agricultural Organization atau FAO menyebutkan jika ada data yang menunjukkan kaitan antara konsumsi daging merah dengan kecenderungan masyarakat dari sebuah Negara untuk mengalami obesitas. Sebagai contoh, dari data yang diambil dari tahun 2009 ini, Bangladesh adalah Negara dengan tingkat konsumsi daging mereah terendah, dimana setiap orang hanya mengkonsumsi 4 kg per tahunnya. Angka ini sangat kontras dengan Negara dengan konsumsi daging merah tertinggi di dunia, yakni Amerika Serikat, dimana setiap tahunnya rata-rata warganya mengkonsumsi 120,2 kg. Yang menarik adalah, Negara-negara yang memiliki warga yang suka mengkonsumsi daging merah termasuk dalam Negara dengan tingkat penderita obesitas tertinggi di seluruh dunia.

Penduduk dari warga Negara yang suka mengkonsumsi daging merah kebanyakan dari Eropa dan Amerika. Sebaliknya, Negara dari Asia dan Afrika justru cenderung memiliki tingkat konsumsi daging merah yang rendah. Ada banyak kemungkinan mengapa hal ini terjadi dari itu kecenderungan Negara di Asia dan Afrika lebih miskin sehingga warganya sulit membeli daging atau memang masyarakat di Negara-negara tersebut memang cenderung mengkonsumsi makanan yang lebih sehat.

Satu hal yang pasti, pakar kesehatan Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, yang berasal dari RSCM Jakarta menyebutkan jika daging merah layaknya daging kambing dan daging sapi cenderung kaya akan lemak jenuh yang sangat tidak sehat bagi tubuh kita. Selain bisa menambah kadar lemak tubuh, kadar kolesterol jahat juga akan meningkat. Hal ini berarti, memang ada kaitan antara konsumsi daging merah yang cukup tinggi bisa menyebabkan masalah berat badan sehingga sebaiknya memang kita menurunkan konsumsi daging sehari-hari.