Benarkah Suhu Dingin Bisa Membuat Nafsu Makan Bertambah?

DokterSehat.Com – Ada sebuah kelakar yang dipercaya oleh banyak orang dimana saat suhu udara cukup dingin seperti di musim hujan seperti ini atau saat kita tinggal di area gunung, maka nafsu makan kita akan cenderung bertambah dan makanan akan terasa jauh lebih enak. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-pilek-flu-dingin

Pakar kesehatan Lisa Young, Ph.D. R.D, menyebutkan jika nafsu makan seseorang memang bisa berubah-ubah dan bahkan bisa disebabkan oleh hal-hal yang remeh, termasuk diantaranya jika kita tinggal di tempat yang suhu udaranya cenderung agak dingin layaknya di area pegunungan, atau di ruangan yang memakai pendingin ruangan dengan suhu yang rendah. Young menyebutkan jika saat tinggal di udara yang dingin, kita akan cenderung sebisa mungkin mempertahankan suhu tubuh tetap hangat sehingga akan memilih untuk banyak mengkonsumsi makanan, khususnya yang hangat. Karena alasan inilah, ada baiknya kita tidak memakai pendingin ruangan dengan suhu udara terlalu rendah jika sedang dalam diet.

Selain karena suhu ruangan, Young juga menyebutkan jika ada banyak sekali hal-hal sepele lainnya yang bisa meningkatkan nafsu makan layaknya jika kita mengubah rutinitas olahraga. Sebagai contoh, kita tiba-tiba saja ingin mencoba olahraga jenis baru yang terlihat menarik namun akan mengubah rutinitas aktivitas fisik kita. Hal ini ternyata juga bisa memicu peningkatan nafsu makan karena tubuh juga berusaha menyesuaikan diri dengan rutinitas baru ini.

Konsumsi beberapa jenis obat-obatan hingga suplemen juga bisa memicu peningkatan nafsu makan dengan signifikan. Sebagai contoh, jika seseorang mengkonsumsi obat anti depresan, Ia bisa saja mendapatkan efek samping berupa nafsu makan yang semakin bertambah. Karena alasan inilah ada baiknya kita berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu saat mendapatkan obat sehingga andai kita sebenarnya sedang dalam diet, kita tidak mengalami masalah dengan nafsu makan yang tentu akan mengganggu program penurunan berat badan kita.