Benarkah Sofa di Rumah Kita Bisa Menyebabkan Kanker?

DokterSehat.Com– Apakah anda termasuk dalam orang yang menggunakan sofa alih-alih kursi biasa di rumah? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada baiknya kita kini lebih mewaspadai pada perabotan rumah tangga yang kerap ditempatkan pada ruang tamu atau ruang keluarga ini. Tak tanggung-tanggung, bahan dari sofa yang kita gunakan bisa jadi memicu penyakit kanker yang sangat berbahaya. Bagaimana hal ini bisa terjadi?



Terry Edge menyebutkan bahwa bahan sofa yang bernama flame retardant yang sebenarnya digunakan untuk menghambat proses pembakaran andai sofa terkena api ternyata bisa memicu penyakit. Tak disangka, bahan ini ternyata bisa memasuki tubuh kita dalam bentuk debu. Padahal, bahan flame retardant ini diyakini bertanggung jawab pada kasus kanker dan berbagai macam penyakit lain yang menyerang anak-anak di Amerika Serikat. Bahkan, di Inggris terjadi peningkatan 74 persen kasus kanker tiroid dalam kurun waktu 10 tahun terakhir yang diyakini disebabkan oleh penggunaan bahan flame retardant ini.

Menurut Edge, bahan flame retardant ini sebenarnya sudah dilarang oleh berbagai pakar kesehatan sejak tahun 2004 silam. Sayangnya, karena penelitian yang dilakukan belum benar-benar mendalam, anjuran untuk tidak menggunakan bahan ini masih belum benar-benar dipatuhi oleh banyak produsen sofa. Selain itu, cukup banyak pula keluarga yang membeli perabotan sebelum tahun tersebut sehingga tentu bahan kimia ini masih beredar luas di tempat tinggalnya dan memicu berbagai macam penyakit.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Duke University Amerika Serikat menyebutkan bahwa dari berbagai sampel darah para penderita kanker tiroid, ditemukan cukup banyak paparan flame retardant berjenis polybrominated diphenil ethers atau PBDEs. Selain itu, banyak sofa-sofa berusia tua yang menggunakan bahan flame retardant berjenis TCEP yang sudah dilarang penggunaannya sejak 16 tahun silam karena diyakini bisa mengganggu hormon dan kesehatan otak tubuh.

Baca Juga:  Manfaat Daun Parsley Yang Harus Anda Ketahui

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita lebih berhati-hati saat memilih sofa dan pastikan bahwa sofa yang kita pakai tidak memiliki bahan kimia berbahaya tersebut.