Benarkah Seprai Sebagai Penyebab Sumber Penyakit?

DokterSehat.Com – Setelah lelah beraktivitas, tidak ada yang lebih menyenangkan daripada naik ke atas tempat tidur anda. Namun, tahukah anda, tempat tidur atau kasur juga bisa menjadi sarang penyakit yang bisa menyerang tubuh anda kapanpun.



Di bawah seprai katun anda, ada jutaan organisme kecil yang bisa membuat kita terserang penyakit seperti alergi, gatal-gatal, flu hingga keracunan makanan.

Menurut seorang profesor bernama Marilyn Roberts dari University of Washington mengungkapkan alasan harus rutin mengganti dan mencuci seprai. Marilyn bahkan menyarankan untuk mengganti seprai seminggu sekali demi alasan kesehatan.
Mengapa harus mencuci seprai seminggu sekali? Benarkah seprai dapat menjadi sumber penyakit?

Itu pun jika memang tidak ada sekresi tubuh atau faktor risiko potensial lainnya. Bila sudah ditemukan noda kotor di seprai, apapun itu, sebaiknya segera mencucinya karena ada beragam bahaya mengintai di balik kotoran tersebut, ujar Marilyn.

Marilyn pun memberi contoh alasan mengapa seprai harus dicuci seminggu sekali. Misalnya, jika kita berkeringat saat tidur, mungkin saja kita telah mengubah seprai menjadi lebih hangat dan lembap sebagai lingkungan ideal berkembangnya bakteri. Parahnya, Yahoo melaporkan beberapa infeksi kulit yang dapat melompat dari orang ke seprai kemudian kembali ke orang.

Good Housekeeping juga menganjurkan untuk mencuci seprai seminggu sekali, maksimal dua minggu sekali. Denga alasan karena semua kuman, keringat, dan minyak alami tubuh menumpuk.

Marilyn juga mengungkapkan bahwa penderita obesitas, profesi perenang atau orangtua yang tinggal bersama dengan orang lain rentan mengalami infeksi kulit daripada orang lainnya soal kebersihan seprai.

Anda yang memiliki hewan peliharaan harus memerhatikan kebersihannya. Hewan tetaplah hewan sehingga mereka harus memiliki tempat tidur sendiri. Hewan dapat menjadi reservoir untuk penyakit manusia.

Baca Juga:  Pria Suka Menonton Televisi Terlalu Lama? Awas Resiko Gangguan Kesuburan

Saran mencuci seprai seminggu sekali demi kesehatan juga dilansir oleh GQ. Tidak ada gunanya rajin mencuci pakaian jika Anda kembali tidur di lembar kotor di akhir hari.

BACA JUGA : Pisang dan Manfaatnya