Benarkah Seks Memiliki Khasiat Setara Dengan Olahraga?

DokterSehat.Com – Bagi pasangan yang sudah dewasa, seks bukan lagi sekadar berfungsi sebuah kegiatan yang berkaitan dengan nafsu saja. Seks juga bisa menjadi sebuah kegiatan yang bisa membuat sisi psikologis dan emosional seseorang terpengaruh. Hanya saja, sebuah pertanyaan muncul karena banyak pria maupun wanita yang melakukan hubungan intim dengan banyak mengeluarkan keringat dan nafas yang terengah-engah layaknya sedang melakukan olahraga. Apakah hubungan seks memiliki khasiat setara dengan berolahraga?

doktersehat-pasangan-seks-couple

Pakar kesehatan menyebutkan jika hubungan seksual pada dasarnya memiliki efek yang bagus bagi psikologis seseorang. Uniknya, bagi fisik, seks ternyata memang memiliki khasiat yang relatif seimbang dengan melakukan olahraga. Banyak penelitian medis semenjak tahun 60 an bahkan sudah menunjukkan fakta dimana seks akan secara alami membuat denyut jantung, tekanan darah, hingga pernafasan mengalami peningkatan sehingga tubuh secara keseluruhan pun akan bekerja dengan lebih baik layaknya berolahraga.

Sebuah penelitian terkini di Kanada baru-baru ini bahkan menunjukkan fakta dimana hubungan seks membuat tubuh memiliki aktifitas fisik hingga 75 persen dari melakukan olahraga secara rutin, atau hampir setara dengan melakukan olahraga ringan layaknya berjalan pelan. Memang, kegiatan hubungan seks rata-rata hanya cukup rendah dimana secara keseluruhan hanya sekitar 33 menit saja dan dengan kadar stress yang cenderung jauh lebih rendah sehingga agak kurang seimbang dengan aktifitas olahraga yang memiliki durasi dan kadar stress yang jauh lebih bervariatif, namun, pakar kesehatan setidaknya menyebutkan jika dengan aktifitas seks yang rutin, maka pasangan suami istri bisa mendapatkan faedah kesehatan yang baik.

Dengan melakukan beberapa jenis olahraga, kita akan memiliki kesehatan atau massa otot yang jauh lebih baik. Hal ini tentu akan cukup sulit untuk didapatkan dengan melakukan aktifitas seks secara rutin sekalipun. Namun, hubungan seks bisa memberikan kebaikan bagi tubuh, layaknya bagi pemulihan fisik, meredakan stress, dan juga membakar kalori.