Benarkah Seks di Pagi Hari Bisa Membuat Kita Lebih Mudah Hamil?

DokterSehat.Com – Cukup banyak mitos yang berkembang di dunia seksualitas atau yang berkaitan dengan kehamilan. Sebagai contoh, posisi seks tertentu bisa membuat kita lebih mudah untuk hamil atau mendapatkan anak dengan jenis kelamin tertentu. Selain itu, jika ada pasangan yang ingin segera mendapatkan keturunan, ada baiknya mereka rutin melakukan hubungan intim di pagi hari. Dengan melakukannya, kemungkinan untuk segera hamil pun bisa meningkat. Apakah hal ini benar adanya?



Dalam beberapa hasil penelitian kesehatan, ditemukan fakta menarik dimana jumlah sperma pria ternyata cenderung lebih tinggi saat pagi hari jika dibandingkan dengan malam hari. Di pagi hari, terdapat setidaknya 88 juta sel sperma, jauh lebih banyak dari hanya 87 juta sel sperma yang ada di malam hari. Lantas, apakah adanya perbedaan yang signifikan antara jumlah sperma inilah yang membuat seks di pagi hari lebih memungkinkan pasangan untuk mendapatkan kehamilan?

Pakar kesehatan Serena Chen yang berasal dari Institute for Reproductive Medicine and Science yang ada di Amerika Serikat menyebutkan jika perbedaan jumlah sperma ini ternyata tidak begitu signifikan dalam mempengaruhi peluang seseorang untuk bisa hamil. Menurut beliau, sel telur hanya membutuhkan satu sel sperma saja untuk membuahinya, bukannya banyak sperma. Tak hanya itu, jumlah sperma yang lebih banyak juga tidak menjamin apakah sperma tersebut memiliki kualitas lebih baik atau tidak.

Alih-alih melakukan hubungan intim di pagi hari, ada baiknya kita memperhatikan waktu lainnya untuk berhubungan intim agar bisa cepat hamil, yakni waktu perhitungan kesuburan atau ovulasi pada wanita. Sebagai contoh, jika siklus menstruasi istri adalah 28 hari, maka Ia memiliki masa subur pada hari ke 10 atau 16 setelah hari menstruasi pertama. Di waktu inilah ada baiknya kita berhubungan intim agar bisa mendapatkan kehamilan.

Baca Juga:  Seks Anal Bikin Kanker Anus?

Selain waktu tersebut, ada baiknya pria juga lebih baik dalam menjaga kondisi kesehatannya sehingga selalu bisa memproduksi sperma yang berkualitas sehingga bisa berenang dan membuahi sel telur agar bisa membuat kehamilan bisa terjadi.