Benarkah Seks Bisa Mencegah Datangnya Flu?

DokterSehat.Com – Salah satu mitos yang berkembang di masyarakat bagi mereka yang sudah menikah namun kerap mengalami flu, pilek, batuk, hingga masalah hidung mampet adalah mereka sudah lama tidak berhubungan intim dengan pasangan. Apakah mitos ini benar adanya? Pakar kesehatan menyatakan jika hal ini ternyata mungkin saja benar. Ada beberapa penelitian yang menyebutkan jika rutin berhubungan intim dengan pasangan ternyata bisa membuat kita lebih baik dalam mencegah munculnya berbagai penyakit. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-french-kiss-ciuman-air-liur-tularkan-penyakit-seksual-hubungan-intim

Terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan jika mereka yang rutin melakukan hubungan intim setidaknya tiga kali atau lebih dalam seminggu akan memiliki konsentrasi immunoglobin A, salah satu zat yang mampu menahan berbagai macam penyakit pada tubuh, jauh lebih tinggi pada air ludah mereka. Bahkan, dari penelitian yang dilakukan pada tahun 2004 ini, diketahui bahwa mereka yang berhubungan intim di saat sakit, yang biasanya dikaitkan dengan penularan penyakit, justru bisa meredakan penyakit karena bisa memberikan sensasi menyenangkan dan bebas dari stress, yang akan membuat tubuh lebih kuat melawan kuman.

Bagi kaum wanita sendiri, rutin melakukan hubungan intim, khususnya sebelum fase menstruasi tiba akan membuat sistem imunitas tubuhnya bekerja dengan lebih baik. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan hormone pada tubuh wanita sebagai perlindungan akan adanya kemungkinan janin yang bisa dihasilkan dari hubungan intim tersebut. Hal ini berarti, tubuh akan mendapatkan perlindungan lebih baik dari berbagai virus, kuman, atau bahkan infeksi, meskipun pada akhirnya wanita tidak hamil.

Hubungan intim yang dilakukan di malam hari terbukti mampu membuat tidur menjadi jauh lebih nyenyak dan berkualitas. Padahal, salah satu syarat agar kita bisa tetap terjaga kesehatannya adalah tidur yang berkualitas. Hal ini berarti, kita akan lebih baik dalam mencegah munculnya penyakit, khususnya penyakit flu.