Benarkah Sebaiknya Kita Memakan Buah Dengan Kulitnya?

DokterSehat.Com – Jika kita membicarakan tentang makanan yang sehat untuk dikonsumsi setiap hari, maka tentu sayuran dan buah-buahan akan segera disebut pertama kali. Dalam realitanya, buah-buahan dan sayuran memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh jika kita rutin mengkonsumsinya sepanjang hari. Uniknya, ada sebuah perdebatan menarik pada banyak orang tentang apakah buah tertentu sebaiknya dikonsumsi bersama dengan kulitnya atau justru buah tersebut sebaiknya dikupas. Mana yang sebenarnya lebih baik?

doktersehat-cherry-juice-sehat-ceri-buah-fruits

Pakar kesehatan menyebutkan jika ternyata mengkonsumsi buah tanpa mengupas kulitnya bisa menjadi pilihan yang menarik meskipun beberapa kulit buah-buahan layaknya durian hingga mangga jelas akan kurang baik untuk dikonsumsi. Namun, jika kita mengkonsumsi buah-buahan dengan kulitnya secara sekaligus, kita akan berpotensi mengkonsumsi zat phytochemical yang ada di dalam kulit buah, sebuah zat yang memang membuat kulit buah menjadi menarik yang uniknya juga bisa memberikan efek yang sama bagi kulit tubuh yang semakin ternutrisi dengan baik.

Tanpa kita sadari, kulit buah-buahan ternyata juga kaya akan kandungan antioksidan layaknya antosianin, tanin, xanthin, lutein, hingga cathecin yang bisa membantu kita melawan berbagai macam radikal bebas, mengatasi masalah penuaan dini, hingga membuat kulit kita menjadi lebih sehat dan bercahaya. Selain itu, kulit buah layaknya apel ternyata kaya akan kandungan pektin yang bisa membantu tubuh mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol tetap seimbang.

Sudah menjadi rahasia umum jika buah memiliki serat yang tentu akan sangat baik bagi proses pencernaan kulit. Uniknya, kandungan serat ini juga bisa ditemui pada beberapa jenis kulit buah. Kulit buah-buahan juga kaya akan mineral dan vitamin layaknya vitamin C, zat besi, hingga kalium. Beberapa jenis kulit buah layaknya kulit anggur ternyata kaya akan resveratol yang mencegah munculnya kanker dan menjaga kesehatan jantung, kulit persik yang kaya akan vitamin A dan C yang bisa melawan peradangan dalam tubuh, hingga kulit buah markisa yang sangat baik dikonsumsi oleh para penderita asma.