Benarkah Sayuran Segar Lebih Baik Dari Sayuran Beku?

DokterSehat.Com– Sayuran segar disebut-sebut jauh lebih baik untuk dikonsumsi dibandingkan dengan sayuran beku yang tersedia di banyak pusat perbelanjaan. Karena alasan inilah kebanyakan orang lebih memilih untuk membeli sayuran segar saja. Apakah memang sayuran segar lebih baik dibandingkan dengan sayuran beku?

doktersehat-sayur-sehat-makan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Georgia justru menunjukkan fakta dimana baik sayuran beku ataupun sayuran yang masih segar ternyata memiliki kandungan nutrisi yang cenderung sama. Meskipun sudah sempat mengalami fase pembekuan, sayuran ternyata memiliki kemampuan dalam mempertahankan nutrisi baiknya. Dalam penelitian yang hasilnya dipublikasikan di Men’s Health ini, para peneliti melakukan analisa pada beberapa jenis sayuran layaknya brokoli, bayam, kacang hijau, kacang polong, kembang kol, jagung, dan buah layaknya blueberry dan stroberi. Mereka pun kemudian mengelompokkan sayuran tersebut dalam tiga jenis, yakni sayuran segar, sayuran beku, dan sayuran yang disimpan di dalam kulkas.

Setelah dicek kandungan nutrusinya, ketiga jenis sayuran ini cenderung memiliki tingkat vitamin C, provitamin A, dan asam folat yang setara. Selain itu, ditemukan fakta sayuran beku ternyata lebih baik dalam menahan nutrisi ini dibandingkan dengan sayuran yang disimpan di tempat biasa.

Carolyn Brown, MS, RD, menduga bahwa proses pembekuan mampu menahan proses produksi enzim pada sayuran dan buah yang mampu merusak nutrisi. Hal ini berarti, andai kita memilih sayuran beku, kita akan tetap mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan tubuh kita layaknya mengkonsumsi sayuran segar.

Pakar kesehatan lainnya, dr. Jansen Ongko, MSc, RD, menyebutkan bahwa sayuran beku biasanya langsung disimpan setelah dipanen sehingga bisa dipastikan bahwa kandungan nutrisinya tetap tinggi. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tidak ragu untuk membeli sayuran beku demi memenuhi kebutuhan nutrisi harian.