Benarkah Sarang Tawon Bisa Membuat Vagina Kembali Rapat?

DokterSehat.Com – Belakangan ini dunia maya dihebohkan dengan dijualnya sarang tawon pada situs jual beli Etsy. Bukan sarang tawon biasa yang bisa memberikan madu yang manis dan enak dikonsumsi, sarang tawon dengan nama oak galls ini disebut-sebut bisa membuat organ intim wanita kembali rapat dan bersih. Kok bisa?

doktersehat-wanita-vagina-celana-dalam-Herpes-Genital-infeksi-menular-seksual

Dalam keterangan pada situs jual beli tersebut, sarang tawon ini tinggal dimasukkan ke dalam vagina. Namun, bukan berarti sarang tawon ini masih dalam bentuknya yang asli. Sarang tawon ini sudah dijadikan bubuk sehingga diklaim aman untuk dipakai sebagai pembersih vagina. Pihak penjual sarang tawon ini sendiri menyebutkan jika produk ini bisa membuat vagina yang awalnya mengendur menjadi kembali rapat sekaligus mengatasi masalah gatal-gatal dan bau tak sedap pada organ vital wanita.

Pakar kesehatan Christine Greves, M.D, yang berasal dari Winnie Palmer Hospital sayangnya menyebutkan jika produk sarang tawon ini tidak efektif untuk menjaga kebersihan vagina. Bahkan, menurut Greves, bisa jadi produk ini berbahaya bagi kesehatan organ vital wanita. Menurut beliau, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa sarang tawon ini memang aman dan bermanfaat bagi vagina. Bahkan, bisa jadi produk ini membuat vagina wanita mengering sehingga meningkatkan resiko terkena infeksi atau masalah bau tak sedap.

Pakar kesehatan lainnya, Jessica Sheperd, MD yang berasal dari University of Illinois College of Medicine di kota Chicago menyarankan kaum hawa untuk tidak sembarangan menggunakan produk yang belum teruji klinis dan bermanfaat bagi kesehatannya, termasuk produk sarang tawon ini. Apalagi produk ini harus dimasukkan ke dalam organ vital. Hal ini tentu berpotensi sangat berbahaya. Sheperd sendiri lebih merekomendasikan wanita yang ingin mengencangkan kembali vaginanya atau mengatasi masalah gatal-gatal pada organ vitalnya untuk berkonsultasi pada dokter sehingga bisa mendapatkan terapi atau pengobatan yang tepat dan aman.