Benarkah Sakit Kepala Sebelah Kanan Adalah Tanda Kadar Kolesterol Tubuh Sedang Tinggi?

DokterSehat.Com– Masalah kolesterol tinggi bisa menyerang siapa saja, baik mereka yang masih berusia muda hingga yang sudah tua. Hal ini disebabkan oleh gaya hidup yang buruk layaknya pola makan yang tidak sehat, kebiasaan kurang tidur, hingga malas berolahraga. Mengingat kadar kolesterol yang tinggi bisa memicu berbagai penyakit yang berbahaya, ada baiknya kita tidak menyepelekan masalah kesehatan ini.

doktersehat-pusing-kepala

Ada sebuah mitos yang dipercaya oleh masyarakat tentang kolesterol dimana jika kadar kolesterol dalam tubuh sedang sangat tinggi, maka kita akan mengalami sakit kepala di bagian kanan saja. Pakar kesehatan spesialis penyakit dalam bernama dr. Fransiscus Ari, SpPD yang berasal dari Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro Jaya, Jakarta, menyebutkan bahwa mitos ini ternyata tidak tepat adanya. Memang, kolesterol tinggi bisa saja menyebabkan nyeri pada tubuh, namun, sebenarnya gejala yang pasti dari masalah kesehatan ini masih belum benar-benar diketahui.

Menurut dr. Ari, sakit kepala di sebelah kanan saja kemungkinan besar justru disebabkan oleh kecenderungan kita menggunakan tangan kanan untuk berbagai macam aktifitas sehari-hari sehingga akhirnya menyebabkan nyeri otot yang berimbas pada sakit kepala. Beliau sendiri lebih menyoroti beberapa gejala layaknya nyeri pada perut atau rasa begah yang justru bisa saja terkait dengan kadar kolesterol dalam tubuh. Bagaimana tidak, jika tubuh penuh dengan lemak, maka besar kemungkinan organ-organ tubuh juga akan mengalami rasa nyeri. Tak hanya itu, jika kita mengalami sakit kepala saat berjalan atau mengalami gangguan pada keseimbangan tubuh, bisa jadi hal ini berkaitan dengan kadar kolesterol tinggi dan menyempitnya pembuluh darah.

Demi mencegah masalah kolesterol tinggi, ada baiknya kita menjaga pola makan yang lebih sehat dan rutin berolahraga selama 30 hingga 45 menit setidaknya 3 hingga 5 kali dalam seminggu. Memang, kita baru bisa merasakan dampak positif berupa menurunnya kadar kolesterol setelah 3 hingga 6 bulan melakukannya, namun hal ini ternyata sudah cukup untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.