Benarkah Sakit Gigi Bisa Diatasi Dengan Berkumur Menggunakan Air Garam?

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang bisa membuat kita frustasi karena menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa adalah sakit gigi. Bagaimana tidak, sakit gigi bisa berimbas pada rasa sakit luar biasa di kepala, membuat pikiran kita menjadi kacau, malas untuk mengkonsumsi makanan, hingga membuat kita mudah terpancing emosinya. Pakar kesehatan sendiri berkata jika ada beberapa pemicu masalah sakit gigi yang paling umum, dari gigi berlubang, infeksi pada gigi maupun gusi, tumbuhnya gigi, atau bahkan gigi yang akan segera tanggal.

doktersehat-anak-kecil-tersedak

Untuk mengobati masalah sakit gigi yang sangat menyebalkan ini, kita bisa dengan mudah mengunjungi dokter gigi untuk mendapatkan pemeriksaan dan resep obat yang akan mengatasi masalah sakit gigi. Namun, banyak orang yang cenderung takut dengan peralatan yang ada di klinik gigi atau malas membayangkan mahalnya biaya pemeriksaan kesehatan gigi. Beruntung, kita bisa mengobati masalah sakit gigi ini dengan menggunakan bahan alami layaknya air garam, cengkeh atau minyak cengkeh, merica, hingga bawang merah dan bawang putih.

Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika bahan-bahan alami tersebut memang cukup baik dalam mengatasi masalah sakit gigi. Kandungan nutrisi yang tinggi dari bahan-bahan alami tersebut diyakini akan secara efektif membunuh berbagai bakteri pemicu masalah sakit gigi sehingga diharapkan rasa nyeri pun bisa semakin mereda. Memang, bahan-bahan alami ini tidak akan mengobati sakit gigi secara tuntas, namun, beberapa cara alami layaknya andai kita berkumur dengan air garam diyakini akan cukup cepat meredakan rasa sakit mengingat adanya kandungan mineral yang mampu meredakan rasa nyeri dan peradangan pada gigi.

Andai rasa nyeri ini sudah mulai mereda, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi kesehatan kita pada dokter sehingga kita bisa tahu apa sebenarnya penyebab sakit gigi kita. Dengan mendapatkan penanganan atau obat yang tepat, maka sakit gigi ini tentu tidak akan lagi kembali muncul.