Benarkah Psoriasis Bisa Muncul di Wajah Layaknya yang Terjadi Pada Kim Kardashian?

DokterSehat.Com – Baru-baru ini, melalui media sosial Twitter, selebritis Kim Kardashian tiba-tiba saja mengeluhkan masalah kulit psoriasis yang Ia derita sejak enam tahun silam mulai menyerang wajahnya. Sebagai informasi, Psoriasis adalah sebuah penyakit autoimun yang membuat kulit kita terasa gatal dan cenderung menimbulkan masalah kulit kering dan bersisik. Sebuah pertanyaan pun muncul, apakah memang psoriasis bisa muncul pada wajah sehingga akan merusak penampilan kita?

doktersehat-kimkardashian-psoriasis

Photo Credit: Eva Rinaldi

American Academy of Dermatology menyebutkan jika psoriasis terjadi saat sistem kekebalan tubuh kita justru mengirimkan sinyal yang salah pada sel kulit sehingga sel kulit justru akan tumbuh dan memperbaharui dirinya sendiri dengan waktu yang lebih cepat dari normal. Karena begitu banyak sel-sel kulit baru yang terbentuk, maka kulit ini akan menumpuk dan menyebabkan bercak-bercak bersisik yang sangat mudah untuk terkelupas. Psoriasis sendiri termasuk dalam masalah kesehatan genetik dimana andai orang tua kita memiliki riyawat penyakit ini, maka kita pun beresiko besar untuk mengalaminya.

Gary Goldenberg, MD, pakar kesehatan dari Dermatology Faculty Practice yang berasal dari Icahn School of Medicine, Mount Sinai, Amerika Serikat, menyebutkan jika layaknya yang dialami oleh Kim Kardashian, psoriasis memang bisa menyebar hingga ke wajah kita. Menurut beliau, setiap jengkal kulit pada tubuh kita memang bisa terkena masalah kulit ini. Memang, biasanya psoriasis akan pertama kali muncul pada lengan atau kaki, namun, lambat laun psoriasis juga akan menyerang kulit kepala dan wajah kita. Dalam beberapa kasus, psoriasis juga bisa muncul pertaa kali di kulit kepala sebelum benar-benar menyebar ke semua bagian kulit tubuh.

Penyebaran psoriasis pada bagian tubuh lain ini bisa terjadi karena stress atau penyakit lainnya. Saat tubuh mengalami stress, psoriasis memang akan cenderung semakin memburuk atau menyebar. Pakar kesehatan pun menduga jika kejadian perampokan di Paris yang dialami oleh Kim dan fakta dimana Kim Kardashian sempat dilarikan di rumah sakit pada akhir tahun silam ikut membuat masalah psoriasis ini menyebar ke wajahnya.