Benarkah Pria Memang Sangat Tertarik Dengan Ukuran Payudara Tertentu?

DokterSehat.Com – Ada sebuah hal yang dipercaya oleh banyak orang di seluruh dunia tentang kaum pria, dimana pria dianggap cenderung menyukai wanita dengan ukuran payudara yang besar. Memang, banyak pria yang suka melihat payudara besar, namun, pakar kesehatan menyebutkan jika hal ini tidak sepenuhnya benar karena pria ternyata jauh lebih peduli dengan bentuk payudara daripada ukurannya. Kok bisa?

doktersehat-payudara

Sebuah survei dilakukan pada 247 pria yang berasal dari empat negara; Brasil, Republik Ceska, Kamerun, dan Namibia. Dari penelitian, ini diketahui bahwa pria memang cenderung lebih memperhatikan bentuk payudara daripada ukuran payudara. Hanya pria yang berasal dari Kamerun sajalah yang menganggap jika wanita dengan ukuran payudara besar sebagai wanita yang lebih menarik, sementara itu, pria dari tiga negara lainnya menyebutkan jika wanita dengan ukuran payudara sedang lebih menarik.

Pakar kesehatan yang melakukan penelitian ini, Jan Havlicek yang berasal dari Charles University, berkata jika agak sulit untuk menjabarkan bagaimana bentuk payudara yang ideal mengingat ada begitu banyak variasi bentuk payudara wanita. Namun, dari survei ini, Ia mampu menjabarkan bentuk payudara sebagai yang padat hingga yang agak melorot. Dari variasi bentuk payudara tersebut, barulah diketahui jika pria ternyata lebih menyukai bentuk payudara yang padat.

Havlicek berkata jika bentuk payudara yang padat ternyata dianggap pria sebagai tanda bahwa wanita memiliki tingkat kesuburan yang baik. Menurut beliau, ukuran payudara yang besar juga bisa menandakan hal yang sama mengingat hal ini menunjukkan tingginya tingkat hormon estrogen. Sayangnya, bentuk payudara yang besar ini bisa semakin melorot seiring dengan bertambahnya usia sehingga bentuknya pun bisa menjadi tak seindah saat wanita masih berusia muda.

Baca Juga:  Mitos Seputar Penularan HIV, dari Gigitan Nyamuk Sampai Oral Seks

Pakar kesehatan menyebutkan jika payudara memang memiliki kemampuan khusus untuk menarik perhatian pria secara seksual. Hal ini diyakini dipicu oleh kebiasaan anak yang menyusu pada ibunya sehingga Ia pun melepaskan hormon oksitosin yang meningkatkan ikatan emosional antara ibu dan anak, yang sepertinya ikut memicu munculnya rasa tertarik pada payudara wanita begitu sang anak tumbuh dewasa.